Turki Tertarik Jajal Proyek 35 Ribu MW

   •    Kamis, 08 Oct 2015 18:25 WIB
proyek 35.000 mw
Turki Tertarik Jajal Proyek 35 Ribu MW
MJenteri ESDM Sudirman Said (Tengah) ANTARA: FOTOWidodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Negara Turki mengaku tertarik untuk menawarkan investasi pada proyek energi listrik sebesar 35.000 megawatt (mw) yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

"Salah satu negara yang mengaku tertarik dan sedang dalam proses pembicaraan adalah Turki," kata Menteri ESDM Sudriman Said dikutip dari Antara, Jakarta, Kamis (7/10/2015).

Dia menjelaskan hal tersebut setelah Indonesia mengadakan pertemuan bilateral dengan pemerintah Turki, namun jumlah nominal dan bentuk investasi akan dibicarakan lebih lanjut.

Lebih detail, Sudirman menjelaskan, Turki akan berinvestasi pada proyek geothermal atau panas bumi yang ada di Aceh dan Pulau Jawa. Selain itu, pada forum tersebut Indonesia juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Australia.

"Australia akan mendatangkan sebanyak 40 perusahaannya untuk berinvestasi di Indonesia terkait dengan energi," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kembali pemerintah tetap menargetkan penyediaan energi listrik dalam lima tahun ke depan mencapai 35.000 mw.

"Presiden menyebutkan kondisi Indonesia yang sebesar ini ketersediaan listriknya baru 1/4 saja, jadi 35.000 MW itu realistis sehingga target tetap sebesar itu," ucap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani usai bertemu Presiden Jokowi.

 


(SAW)