Gelar Debat, Pilkada Solo Diharapkan Jadi Pelopor Ramah Demokrasi

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 10 Oct 2015 10:33 WIB
pilkada serentak
Gelar Debat, Pilkada Solo Diharapkan Jadi Pelopor Ramah Demokrasi
Debat terbuka calon wali kota dan wakil wali kota Solo. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Sebagai upaya mengenalkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo kepada publik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menggelar debat terbuka di salah satu hotel di Kota Solo pada Jumat, 9 Oktober malam.

Debat yang mengangkat tema Tata Kelola Pemerintahan, Kualitas Pelayanan Publik dan Peningkatkan Kualitas Kesejahteraan Sosial dihadiri 300 undangan dari pendukung dua pasangan dan berbagai elemen masyarakat. Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistyo menekankan kemenangan atau kekalahan bukan poin utama namun keberanian untuk menata Kota Solo yang justru harus diapresiasi.

“Momen ini sangat penting bagi masyarakat Solo untuk dapat menentukan pilihannya. Kita juga ingin sukses pilkada dapat dimulai dari Solo. Kota Solo dapat menjadi pelopor kota ramah demokrasi,” ujarnya saat memberikan sambutan. Agus mengemukakan debat kandidat akan digelar dua kali yakni pada 9 Oktober dan 9 November.

Debat terbuka Jumat malam terbagi dalam lima segmen. Kedua pasangan calon, Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri dan F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, memulai acara dengan memaparkan visi dan misi. Pada segmen akhir, kedua pasangan dipersilakan saling menanggapi dan mengkritisi pasangan lawan.

Beberapa masalah mengemuka dalam debat putaran pertama, seperti keterbukaan informasi publik dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Menjadikan hotel sebagai poin penting pariwisata dengan tetap menekan permasalahan akibat maraknya pembangunan hotel juga menjadi salah satu topik. Sengketa Sriwedari pun tak luput dari bahasan debat terbuka dua pasangan ini.

Anung-M. Fajri diusung enam parpol (Partai Golkar, Partai Demoktrat, Partai Gerindra, PAN, PPP dan PKS) yang tergabung dalam Koalisi Solo Bersama (KSB), sedangkan Rudy-Purnomo diusung PDIP.


(UWA)