Kualifikasi Piala Eropa 2016

Deretan Pesepak Bola Dunia yang Terkena 'Virus FIFA'

A. Firdaus    •    Minggu, 11 Oct 2015 09:06 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Deretan Pesepak Bola Dunia yang Terkena 'Virus FIFA'
Alvaro Morata salah satu korban Virus FIFA (foto: AP Photo/Alvaro Barrientos)

Metrotvnews.com, Jakarta: Liburnya kompetisi Liga di Eropa dimanfaatkan oleh negara-negara dengan memainkan para bintangnya demi melakoni laga internasional. Seperti pada Kualifikasi Piala Eropa 2016, maupun di kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Latin.

Namun momen itu justru menghadirkan masalah untuk para klub besar di Eropa, yang punya kewenangan untuk menggunakan jasa bintangnya. Pasalnya sering terjadi, para bintang dunia pulang ke klubnya dengan balutan cedera usai melakoni partai internasional di bawah naungan FIFA, atau sering disebut dengan "Virus FIFA".

Bahkan pada akhir pekan ini, jumlah cedera yang menimpa para pemain terbaik di dunia cukup meningkat. Sehingga membuat para petinggi klub, khususnya para pelatih yang geleng-geleng kepala melihat kondisi para pemainnya.

Pertama-tama dari Timnas Spanyol, di mana David Silva yang segar bugar usai bantu Manchester City mencukur Newcastle United 6-1 di ajang Liga Primer Inggris, justru mendapatkan cedera saat membela La Furia Roja menghadapi Luksemburg. Pergelangan kaki Silva ditendang oleh Lars Gerson.

Masih dari Timnas Spanyol. Cedera melanda bintang anyar mereka, Alvaro Morata. Cedera yang dialaminya didapat usai sedang berduel di udara, namun pilar Juventus itu salah posisi saat terjatuh. Kemungkinan penyerang berusia 22 tahun itu terancam absen membela Nyonya Tua selama sebulan.

Morata menyusul rekan seklubnya di Juve, Paul Pogba yang lebih dulu dipastikan absen selama sebulan. Cedera Pogba didapat saat membela Prancis menghadapi Armenia dalam laga persahabatan. 

Pemain andalan Prancis lainnya, Karim Benzema juga mengalami hal yang sama. Striker andalan Real Madrid itu dipastikan mengalami cedera hamstring yang didapatnya saat membela Les Bleus.

Selain Spanyol dan Prancis, Jerman juga membawa 'oleh-oleh' berupa cedera yang menimpa beberapa pemainnya. Di antaranya Bastian Schweinsteiger dan Mario Goetze. 

Schweinsteiger mengalami cedera kaki saat Der Panzer ditaklukkan Republik Irlandia 0-1. Di waktu yang sama, Goetze harus absen selama 12 pekan, juga karena cedera.

Berikut para pemain dunia yang terkena "Virus FIFA":
Pogba (Juventus/Prancis)
Schweinsteiger (Manchester United/Jerman)
Benzema (Real Madrid/ Prancis)
Götze (Bayern Muenchen/Jerman)
Agüero (Manchester City/Argentina)
D Silva (Manchester City/Spanyol)
Morata (Juventus/ Spanyol)
Ivanović (Chelsea/Serbia)
Matić (Chelsea/Serbia)
Coentrão (AS Monaco/Portugal)
David Luiz (PSG/Brasil)
(Marca)


(HIL)