Sejarah, Sarinah 2 Kali Dilahap si Jago Merah

K. Yudha Wirakusuma    •    Kamis, 15 Oct 2015 14:50 WIB
kebakaran gedung
Sejarah, Sarinah 2 Kali Dilahap si Jago Merah
Lantai 14 gedung sarinah terbakar--Metrotvnews.com/Lb Ciputri Hutabarat

Metrotvnews,com, Jakarta: Lantai 14 Gedung Sarinah terbakar. Dua orang terluka akibat peristiwa kebakaran di Masterpiece Karaoke, Gedung Sarinah, itu.

Ini rupanya bukan kejadian pertama. Informasi dari berbagai sumber, Sarinah pernah pula terbakar pada 1984. Kerena dorongan keinginan masyarakat, akhirnya Sarinah yang telah menjadi aset nasional terus bangkit kembali.

Usia Gedung Sarinah tidak muda lagi, pembukaan Department Store-nya pada 15 Agustus 1966. Sarinah memiliki tinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat.

Sarinah dikenal sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga pencakar langit pertama di Jakarta. Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil.

Pembangunan Gedung Sarinah atas usulan Sukarno, menyusul lawatannya ke sejumlah negara yang sudah lebih dulu memiliki pusat perbelanjaan modern. Pembangunan Gedung Sarinah dimaksudkan untuk membuat pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan rakyat mendapatkan barang-barang murah tapi dengan mutu yang bagus.

Gedung Sarinah dibangun dengan biaya rampasan perang pemerintah Jepang. Saat itu situasi makro ekonomi Indonesia dalam keadaan yang sangat buruk.

Sebagai mitra usaha kecil, Sarinah ingin berperan lebih besar dalam memperkenalkan produk nasional ke mancanegara lewat ekspor yang semakin ditingkatkan dari waktu kewaktu.


(YDH)