Mobil Otonom

Singapura Segera Pakai Angkutan Massal Self Driving

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 19 Oct 2015 08:49 WIB
teknologi otomotif
Singapura Segera Pakai Angkutan Massal <i>Self Driving</i>
Singapura ujicoba angkutan masal otonom. Straitstimes

Metrotvnews.com: Singapura memulai serangkaian uji coba pada kendaraan angkutan massal tanpa pengemudi (otonom). Departemen Perhubungan Singapura telah menandatangani dua nota kesepahaman. Satu dengan PSA untuk bersama-sama mengembangkan teknologi truk peleton otonom, transportasi kargo antara terminal, dan dengan Sentosa Development Corp dan ST Engineering untuk menguji angkutan di Sentosa.

A*Star's Institute for Infocomm Research and the Singapore-MIT Alliance for Research and Technology telah mulai percobaan driverless, sedangkan Nanyang Technological University telah melakukan hal yang sama di sekitar kampus.

Mulai Desember, pengunjung Gardens by the Bay dapat naik kendaraan yang mengangkut mereka tanpa pengemudi yang akan membawa di sekitar Sprawling.

Kedua Auto Riders ini dapat menampung 10 orang dan bisa diakses pengguna kursi roda. Lantaran sudah menjalani uji coba di Swiss. Singapura akan menjadi tempat debutnya di Asia.

"Kendaraan self driving secara radikal dapat mengubah transportasi darat di Singapura, untuk mengatasi dua hambatan utama kami, lahan dan tenaga kerja,” kata Pang Kin Keong, Permanent Secretary for the Transport Ministry.  

"Uji coba akan membantu kami membentuk konsep mobilitas yang dapat memenuhi kebutuhan Singapura, dan juga mendapatkan wawasan berharga bagaimana kita dapat merancang kota kami di masa depan. Tentunya dengan pemanfaatan teknologi untuk mengambil keuntungan," tambah Keong.

Tidak seperti uji coba kendaraan otonom di tempat lain, fokus Singapura adalah untuk menggunakan teknologi untuk bus umum, angkutan, taksi otonom, dan operasi utilitas seperti penyapu jalan.

Wah, Singapura
sudah maju beberapa langkah ke depan. Indonesia masih berkutat di standardisasi mobil-mobil berbahan bakar minyak. Semoga bisa menyusul secepatnya!


(UDA)