Anggota MKD tak Tahu Novanto-Fadli Sudah Diperiksa

Githa Farahdina    •    Senin, 19 Oct 2015 12:36 WIB
donald trump
Anggota MKD tak Tahu Novanto-Fadli Sudah Diperiksa
Setya Novanto dan Fadli Zon. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sudah memeriksa pimpinan DPR Setya Novanto dan Fadli Zon, Kamis pekan lalu. Ternyata tidak semua anggota MKD tahu agenda tersebut.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang kaget saat wartawan mengonfirmasi pemeriksaan Novanto dan Fadli. Setahu Junimart, pemeriksaan kedua baru akan dilakukan hari ini.

"Ah masa? Saya tidak tahu. Kalau saya tidak pimpinan lagi, saya tidak tahu, tapi selama saya pimpinan saya tahu," kata Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Junimart menegaskan, pemeriksaan terlapor harus di ruang sidang. Sementara Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan, Novanto dan Fadli diperiksa di ruangan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

(Klik: Diam-diam MKD Periksa Setnov-Fadli Kamis Lalu)

Anggota MKD Syarifuddin Sudding juga mengaku tak tahu bahwa Novanto dan Fadli sudah dimintai keterangan terkait kehadirannya di konferensi pers bakal calon presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sudding hanya tahu keduanya dipanggil untuk diperiksa hari ini.

"Hari ini pemanggilan ketiga. Banyak informasi yang berkembang MKD sudah setengah hati memproses ini, mudah-mudahan tidak masuk angin," ujar Sudding.

(Klik: Setya Novanto dan Fadli Zon Hadiri Kampanye Donald Trump)

Menurut Sudding, sama sekali tak ada surat dari MKD terkait pemeriksaan Kamis pekan lalu. Sesuai pleno pekan lalu, jika Novanto dan Fadli tidak menghadiri pemanggilan, MKD akan memutus sesuai hukum acara.

Tujuh anggota DPR melaporkan kehadiran Novanto dan Fadli di acara Donal Trump di Trump Tower, Amerika Serikat. Adian Napitupulu, salah seorang pelapor, menilai keduanya merendahkan martabat bangsa.


(TRK)