Kas Keliling di Pegunungan Papua Terkendala Infrastruktur

   •    Senin, 19 Oct 2015 15:12 WIB
penukaran uang
Kas Keliling di Pegunungan Papua Terkendala Infrastruktur
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rudi Mulya)

Metrotvnews.com, Jayapura: Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jayapura Joko Supraptiko mengungkapkan layanan kas keliling di wilayah pegunungan Papua terkendala infrastruktur. Layanan kas keliling akan berjalan secara optimal bila ketersediaan infrastruktur tersedia secara memadai.

"Pelayanan kas keliling khususnya di wilayah pegunungan Papua sekarang ini masih terbatas, karena sangat tergantung sarana prasarana," kata Joko Supraptiko, seperti dikutip Antara, di Jayapura, Senin (19/10/2015).

Ia mengaku pihaknya juga coba menjangkau daerah-daerah pegunungan, tapi yang menjadi kendala adalah transportasi. "Biasanya kita menuju ke tempat atau daerah yang menjadi pusat ke pegunungan yang lain seperti ke Wamena," ujarnya.

Joko menyatakan bahwa ke depanya di daerah gunung yang lain pihaknya terus berupaya untuk mengelilinginya. "Dari 28 kabupaten, baru 15 kabupaten yang kita jangkau menggunakan kas keliling," ungkapnya.

Adapun 15 Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten  Dogiyai, Kabupaten Paniai, Kabupaten Boven Digoel, kemudian sampai ke Kabupaten Asmat. Sementara itu, untuk jumlah uang yang dibawa BI ke setiap kabupaten di Papua berkisar Rp1 miliar.


(ABD)