PLN Segera Verifikasi Data Konsumen Listrik Subsidi

   •    Selasa, 20 Oct 2015 15:31 WIB
pln
PLN Segera Verifikasi Data Konsumen Listrik Subsidi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sahlan Kurniawan)

Metrotvnews.com, Semarang: PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY segera melakukan verifikasi data konsumen listrik bersubsidi. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait alokasi subsidi untuk listrik.

"Verifikasi ini kami lakukan seiring dengan kebijakan pemerintah bahwa alokasi subsidi untuk listrik pada tahun depan akan mengalami pengurangan," kata General Manager PT PLN Distribusi Jateng-DIY Yugo Riyatmo, seperti dikutip dari Antara, di Hotel Grasia, Semarang, Selasa (20/10/2015).

Karena itu, perlu ada verifikasi data pada pelanggan terutama yang secara konsumsi pemakaian sudah tidak termasuk golongan pelanggan dengan tarif subsidi. Dalam verifikasi data ini, PLN memiliki acuan tersendiri.

"Referensi yang kita pakai dan akan menjadi acuan adalah pertama mengenai data dari masyarakat yang termasuk kelompok miskin dan rentan miskin yang dibuat oleh tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K)," jelasnya.

Dari hasil tersebut, total awal jumlah kelompok miskin dan rentan miskin secara nasional hanya 15,5 juta jiwa. Padahal, jumlah konsumen tarif R-1/450 VA masih mencapai 22,8 juta pelanggan, sedangkan untuk jumlah konsumen tarif R-1/900 VA sebanyak 22,3 juta pelanggan.

Untuk Jawa Tengah, jumlah konsumen listrik bersubsidi masih di kisaran 9,8 juta pelanggan. Secara rincian, untuk konsumen R-1/450 VA sebanyak 5,2 juta pelanggan dan konsumen dengan R-1/900 VA sebanyak 3,4 juta pelanggan.

"Dalam hal ini diperlukan juga tingkat kesadaran masyarakat, pelanggan mana yang masih berhak memperoleh subsidi tersebut dan mana yang tidak layak lagi memperoleh subsidi," pungkasnya. 


(ABD)