Belasan Pendaki Terjebak saat Lakukan Pesugihan di Gunung Lawu

Amaluddin    •    Selasa, 20 Oct 2015 19:28 WIB
pendaki tewas
Belasan Pendaki Terjebak saat Lakukan Pesugihan di Gunung Lawu
Pendaki melintasi kawasan hutan yang terbakar di Gunung Lawu, Ant - Siswowidodo

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) mencatat 15 pendaki yang terjebak di puncak Gunung Lawu, Cemoro Sewu, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sengaja melakukan ritual pesugihan. Rencananya, 15 pendaki tersebut selesai menjalani ritual pada hari ini, Selasa 20 Oktober 2015.

"Bersamaan dengan 1 Syuro, 15 orang melakukan ritual. Rencannya hari ini selesai menjalani ritual, dan segera kami amankan ke Posko," kata Kepala Badan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Jatim, Sudharmawan, dihubungi di Surabaya.
 
Menurut Dharmawan, Gunung Lawu yang merupakan gunung perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah acapkali digunakan pendaki melakukan ritual pesugihan. Mereka didominasi dari berbagai daerah. 

"Dari hasil penyisiran 15 pendaki yang melakukan ritual posisinya sudah ditemukan. Rencananya mereka akan turun hari ini," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, tim gabungan dari SAR, BPBD, dan relawan masih melakukan penyisiran. "Jumlah pendaki tidak bisa kami prediksi, yang jelas kami masih melakukan penyisiran," tandasnya.

Kebakaran hutan di Lereng Gunung Lawu terjadi pada Minggu, 18 Oktober, di jalur pendakian antara pos 3 dan 4. Akibatnya, puluhan pendaki yang hendak turun terjebak kobaran api dengan ketinggian lima meter. Mereka panik dan berusaha menyelamatkan diri. Hingga berita ini dimuat, 79 pendaki sudah diamankan dari kebakaran Gunung Lawu. 

(Baca: Hingga Kini, 79 Pendaki Dievakuasi dari Gunung Lawu)
 


(RRN)