Irak Temukan Kuburan Massal Berisi 365 Jasad Militan ISIS

Willy Haryono    •    Kamis, 22 Oct 2015 08:21 WIB
isis
Irak Temukan Kuburan Massal Berisi 365 Jasad Militan ISIS
Pasukan Popular Mobilisation Irak berada di dekat bangunan yang hancur dalam perjuangan melawan ISIS di sekitar kota Baiji, 19 Oktober 2015. (Foto: AFP / AHMAD AL-RUBAYE)

Metrotvnews.com, Baghdad: Pasukan Irak menemukan 19 kuburan massal berisi 365 jasad militan grup ekstremis Islamic State (ISIS) di kota Baiji, Rabu (21/10/2015). 

Sebelumnya, seorang perwira militer Irak mengonfirmasi penemuan mayat militan ISIS dalam jumlah besar. Namun, ia menolak menyebutkan jumlahnya. 

Dalam sebuah pernyataan resmi militer Irak, seperti dikutip AFP, disebutkan bahwa "total kuburan massal yang ditemukan oleh pasukan Popular Mobilisation adalah 19."

Kuburan massal ditemukan di permukiman Asri di Baiji, sekitar 200 kilometer dari utara Baghdad, dan berisi "365 jasad teroris Daesh." Daesh adalah akronim ISIS dalam Bahasa Arab.

Belum diketahui sudah berapa lama ratusan jasad itu terkubur di kuburan massal, atau bagaimana semuanya diidentifikasi sebagai militan ISIS. 

Baiji dan sejumlah kilang minyak -- yang merupakan salah satu kompleks kilang terbesar di Irak -- telah menjadi medan pertempuran dahsyat sejak 16 bulan terakhir. 

Dipimpin Popular Mobilisation, pasukan Irak berhasil merebut Baiji belum lama ini. Beberapa area kunci di Baiji kerap berpindah tangan sejak ISIS melancarkan operasinya pada Juni 2014. 


(WIL)