Demi Bertemu Bupati, Ratusan Orang Rela Menginap di Jalanan

Agus Josiandi    •    Kamis, 22 Oct 2015 10:57 WIB
unjuk rasa
Demi Bertemu Bupati, Ratusan Orang Rela Menginap di Jalanan
Ratusan warga berjajar di pinggir jalan seberang Pemkab Sampang, Madura. (Metrotvnews.com/Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Sampang: Ratusan orang nekat tidur di pinggir jalan, seberang kantor Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Mereka ingin bertemu Bupati Fannan Hasib untuk sampaikan tuntutan pembatalan pemilihan kepala desa.

Warga yang menginap di jalanan itu berasal dari Desa Batuporo Barat, Kecamatan Kedungdung. Aksi itu merupakan lanjutan demonstrasi yang dilakukan pada Rabu siang (21/10/2015). Warga menilai proses pilkades cacat hukum.

Ahmad Rifa'i salah seorang warga, mengatakan, massa akan terus menduduki kantor Pemkab Sampang hingga tuntutan terkait pembatalan pelaksanaan pilkades di desanya terpenuhi.

"Kita akan tetap di sini sampai pemerintah membatalkan Pemilihan Kepala Desa Batuporo Barat," tegasnya.

Senada disampaikan Huji, warga lainnya, menurutnya pilkades di Desa Batuporo Barat harus dibatalkan, sebab tahapan pilkades cacat hukum dan penuh permainan.

"Awalnya, ada tiga bakal calon kades yang maju yakni Haris, Muhdor, dan Jadid, tapi sebelum penetapan Cakades, Haris mengundurkan diri. Dan pada saat penetapan, panitia pilkades menggugurkan Muhdor dengan alasan tidak lolos verifikasi hingga tinggal satu calon," sambungya.

Fakta tersebut, dianggap warga, merupakan upaya untuk memenangkan satu calon saja. Karenanya, mereka meminta bupati membatalkan pilkades. Aksi warga dijaga ketat aparat kepolisian.


(SAN)