Satu Tahun Jokowi-JK

Setahun Memimpin, Mentan Bangga Tidak Ada Impor

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 22 Oct 2015 14:49 WIB
kementan ads1 tahun jokowi-jk
Setahun Memimpin, Mentan Bangga Tidak Ada Impor
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan bahwa tidak ada kegiatan impor beras selama satu tahun Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komandonya. Padahal, tahun lalu Indonesia telah mengimpor beras hingga sebanyak 800 ribu ton.

"Tidak ada impor beras. Tahun lalu 800 ribu ton impor, sekarang enggak ada," tegas Amran, saat ditemui di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/10/2015).

Dirinya menceritakan, pada 1998 fenomena el nino memaksa Indonesia harus mengimpor beras sebanyak 7,1 juta ton. Sedangkan tahun ini dengan el nino yang lebih hebat, dipastikan tidak ada impor beras yang masuk.

"Kemudian ada el nino yang lebih keras dari 98. 98 itu impor 7,1 juta ton, penduduknya 205 juta. Sekarang 250 juta penduduk enggak ada impor. Seandainya tak ada el nino, yang terjadi kita ekspor," terangnya.

Menurut Amran, Indonesia sudah mampu mengekspor sejumlah komoditas, mulai dari jagung sebanyak 400 ribu ton, bawang sebanyak 4.500 ton, kacang hijau sebanyak 60 ribu ton, dan ekspor ayam ke Myanmar. Pada sisi lain, Indonesia tidak mengimpor cabai.

Selain itu, Mentan juga melakukan beberapa perbaikan fasilitas pertanian. Salah satunya adalah irigasi. Perbaikan irigasi ini sudah melebihi satu juta hektare (ha) per tahun, atau melampui yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Sekarang kalau ada perbaikan, perbaikan irigasi satu juta ha satu tahun tapi tahun ini sudah 2,6 juta ha sebelum setahun. Perbaikan 700 persen dari sebelumnya. Alsintan 62 ribu unit naik 16 persen dari tahun sebelumnya," pungkas dia.


(ABD)