Menteri BUMN Optimistis Swasembada Gula di 2019

   •    Kamis, 22 Oct 2015 16:03 WIB
swasembada gula
Menteri BUMN Optimistis Swasembada Gula di 2019
Menteri BUMN Rini M Soemarno (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Situbondo: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno optimistis Indonesia akan mencapai swasembada gula pada 2019 mengingat sejumlah pabrik gula telah menghasilkan produk dengan kualitas yang bagus.

"Saya yakin pada 2019 Indonesia tidak akan mengimpor gula lagi," jelas Rini, seperti dikutip dari Antara, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (22/10/2015).

Menurutnya salah satu contoh gula produksi PG Asembagus saat ini sudah bisa masuk ke pabrik makanan dan minuman yang menujukkan kualitasnya sudah bagus. Mengenai realitas rendemen tebu yang di PG Asembagus sudah ada yang mencapai 10 persen. Hal tersebut semakin memperkuat keyakinan akan kemandirian Indonesia untuk memenuhi kebutuhan gula dari dalam negeri.

Karena itu, Rini berjanji akan ikut memperjuangkan aspirasi para petani tebu, termasuk ketentuan maksimal pemilikan lahan empat hektare (ha) atau jatah pupuk subsidi yang juga dibatasi. Hal ini akan dilakukan untuk mencapai swasembada tersebut.

"Kami akan upayakan petani yang memiliki lahan di atas empat haktare juga bisa mendapatkan pupuk. Nanti kami bicarakan terkait regulasinya dengan Kementerian Pertanian, sementara untuk pembiayaan permodalan saya akan bicara dengan perbankan BUMN untuk keperluan para petani," jelas Rini.

Ditanya kebutuhan gula di dalam negeri, ia mengaku tidak tahu persis, namun jumlahnya sangat banyak, baik untuk konsumsi maupun untuk pabrik makanan dan minuman. "Nanti jumlah impor itu bisa diatur dengan baik sehingga tidak menekan harga gula milik petani," pungkasnya. 


(ABD)