Gempur ISIS, Popularitas Putin Nyaris Sentuh 90 Persen

Willy Haryono    •    Kamis, 22 Oct 2015 17:10 WIB
isis
Gempur ISIS, Popularitas Putin Nyaris Sentuh 90 Persen
Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rabu (21/10/2015). (Foto: AFP / PAVEL GOLOVKIN / POOL)

Metrotvnews.com, Moskow: Popularitas Presiden Rusia Vladimir Putin melonjak drastis hingga hampir menyentuh 90 persen, yang sebagian besar dipicu keputusannya melancarkan serangan udara terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah. Demikian dilaporkan lembaga survei pemerintah Rusia, Kamis (22/10/2015). 

VTsIOM melaporkan rating Putin mencapai 89,9 persen pada Oktober, naik dari 89,1 di bulan Juni. Pada Januari 2012, VTsIOM melaporkan rating Putin hanya 58,8 persen. 

"Level penerimaan masyarakat yang setinggi itu terkait dengan hasil kerja presiden, seperti operasi militer dalam menghadapi teroris di Suriah," ucap VTsIOm dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters. 

Angkatan Udara Rusia sudah melancarkan lebih dari 700 misi udara terhadap 690 target di Suriah sejak 30 September. 

Sebelum serangan udara dimulai di Suriah, warga Rusia sempat khawatir terhadap keterlibatan Putin dalam konflik Timur Tengah. Namun dalam survei awal bulan ini, 72 persen warga mengungkapkan opini positif terhadap keputusan Putin. 

Putin, yang kekuasaan periode ketiganya berlangsung hingga 2018, telah menikmati rating di atas 80 persen selama lebih dari 1,5 tahun. 

Lembaga survei lainnya, Levada Center yang bukan milik pemerintah, juga melaporkan rating tinggi untuk Putin. Levada Center melaporkan rating Putin mencapai 83 persen pada Agustus tahun ini. 


(WIL)