Wanita Ini Tutupi Bekas Luka Kemoterapi Kanker dengan Tato

Torie Natalova    •    Kamis, 22 Oct 2015 18:58 WIB
kanker
Wanita Ini Tutupi Bekas Luka Kemoterapi Kanker dengan Tato
Dana Donofree. (Foto:Womenshealthmag)

Metrotvnews.com: Seorang perancang busana Dana Donofree 'menghiasi' tubuhnya dengan banyak tato. Tindakannya itu bukan tanpa alasan. Dana memilih tato di beberapa bagian tubuhnya untuk menutupi bekas operasi kanker payudara yang dideritanya.

Dana divonis menderita kanker payudara setelah ditemukan benjolan kecil. Ia membutuhkan mastektomi ganda dan enam kali kemoterapi untuk mengobati kankernya.

Setelah berdiskusi dengan dokter bedahnya, Dana memutuskan untuk mengoperasi atau mengangkat bagian penting dari payudaranya yakni puting. 

"Hal itu bukan untuk saya, saya tidak merasa seperti membutuhkannya untuk merasa utuh lagi. Tapi saya mulai berpikir, jika mereka dapat menato pada bagian puting, kenapa tidak saya menato sesuatu yang terasa seperti ekspresi lebih baik dari saya?" kata Dana seperti dilansir Womenshealthmag.

Dana yang saat itu akan menikah dengan tunangannya, akhirnya memutuskan untuk menato bagian-bagian tubuhnya seperti di bagian lengan yang selalu diinginkannya selama ini.



Untuk menutupi bekas luka di dada, Dana meminta tukang tato untuk membuat pohon bunga sakura yang berasal dari bagian punggungnya dan melilit ke tulang rusuk hingga ke bagian dada. "Saya ingin sesuatu yang feminin dan indah dan juga menandai kerentanan hidup. Ini berbentuk hampir seperti bra karena saya ingin merasa seksi saat melepaskan pakaianku," ujarnya.

Nantinya, Dana akan menambahkan dua burung dan memperluas pohon tersebut untuk mewakili dua teman dekatnya yang meninggal karena kanker.

Sementara itu, untuk menutupi bekas luka akibat kemoteraspi, Dana memilih tato bunga teratai. Dana mengaku melalui saat-saat yang sulit saat menjalani kemoterapi. 

"Itu adalah situasi dimana kanker terasa tidak membunuhku, tapi kemoterapilah yang melakukannya. Jadi, saya memilih tato bunga teratai yang mengisyaratkan kelahiran kembali," tuturnya.

Dana berjuang melawan kankernya selama lima tahun. Kini, Dana pun meluncurkan lini lingerie bernama AnaOno Intimates yang dirancang untuk wanita-wanita yang selamat dari kanker payudara. Bentuk pakaian dalam miliknya ini sudah disesuaikan dengan pejuang kanker payudara yang sudah tak memiliki bentuk payudara sempurna seperti dulu. Ia pun memberikan 5 persen dari seluruh penjualan ke yayasan kanker payudara.


(LOV)