Emas Dunia Turun Akibat Tiongkok Pangkas Suku Bunga

   •    Sabtu, 24 Oct 2015 10:46 WIB
harga emas
Emas Dunia Turun Akibat Tiongkok Pangkas Suku Bunga
Ilustrasi (Spencer Platt/AFP)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), karena Tiongkok mengurangi rasio persyaratan cadangan dalam sebuah langkah untuk menstabilkan pasar global.

Mengutip Antara, Sabtu (24/10/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun sebanyak USD3,3 atau 0,28 persen menjadi menetap di USD1.162,80 per ounce.

Emas berada di bawah tekanan pada Jumat karena pasar memperoleh kepercayaan setelah bank sentral Tiongkok (PBoC) memotong rasio persyaratan cadangan bank dan memangkas suku bunga acuannya.

Para analis mengatakan pemotongan itu diperlukan dan kemungkinan akan merilis lebih banyak likuiditas dan menstabilkan ekspektasi pasar. Logam mulia diletakkan di bawah tekanan tambahan ketika indeks dolar Amerika Serikat (USD) naik pada Jumat.

Perak untuk pengiriman Desember turun satu sen atau 0,06 persen menjadi ditutup pada USD15,827 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD11,2 atau 1,11 persen menjadi ditutup pada USD1.001,70 per ounce.


(ABD)