Diduga Coba Bunuh Presiden, Wapres Maladewa Ditangkap

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 24 Oct 2015 15:56 WIB
maladewa
Diduga Coba Bunuh Presiden, Wapres Maladewa Ditangkap
Kapal Presiden Maladewa yang diduga dibom (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Male: Pihak berwenang Maladewa menangkap Wakil Presiden Ahmed Adeeb. Penangkapan didasarkan atas tuduhan rencana pembunuhan terhadap Presiden Maladewa.

"Wapres Adeeb saat ini ditangkap dan ditahan di Penjara Dhoonidhoo," ujar Menteri Dalam Negeri Maladewa Umar Naseer, seperti dikutip AFP, Sabtu (24/10/2015).

"Tuduhannya sangat jelas, pengkhianatan!," tegas Naseer.

Adeeb diduga keras terlibat dalam upaya pembunuhan Presiden Abdulla Yameen, yang berhasil menyelamatkan diri setelah kapalnya hancur dihantam bom.

Penangkapan Adeeb menjadi sebuah ironi, karena politikus berusia 33 tahun itu ditunjuk untuk menggantikan mantan Wapres Mohamed Jameel. Jameel sendiri saat ini tengah ditahan atas tuduhan pengkhianatan.

10 hari lalu, Yameen memecat Menteri Pertahanan Moosa Ali Jaleel setelah ledakan di kapalnya. Kejadian itu berlangsung usai Yameen pulang dari ibadah haji.

Pihak keamanan Maladewa juga menahan dua anggota pasukan keamanan yang mencoba untuk memasuki kapal Yameen. Namun hingga saat ini mereka masih belum mengetahui apa yang menyebabkan ledakan itu.
 
(FJR)