Wejangan Mega ke Jokowi Sebelum Terbang ke Amerika

Desi Angriani    •    Sabtu, 24 Oct 2015 16:07 WIB
jokowi
Wejangan Mega ke Jokowi Sebelum Terbang ke Amerika
Presiden Joko Widodo terima Megawati Soekarnoputri di Istana (Foto: Desi Angriani/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mendapat wejangan dari Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri, sebelum terbang ke Amerika Serikat (AS), sore nanti.

Mega menyambangi Istana Merdeka, pada pukul 13.00 WIB. Pertemuan selama dua jam tersebut juga dihadiri Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kepada Jokowi, Mega memberikan masukan terkait hasil International Conference of Asian Political Parties (ICAPP). Mega menghadiri konferensi tersebut saat bertandang ke Tiongkok beberapa waktu lalu. Kendati demikian putri Bung Karno ini enggan membeberkan hasil dari konferensi tersebut.

"Ada koferensi ICAPP yang membincangkan banyak masalah di dunia ini, dan saya beri masukan pada presiden hasil ICAPP itu yang seperti sebuah organisasi semi govermental," ungkap Mega di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Sabtu (24/10/2015).

Selain soal ICAPP, Ketum PDI Perjuangan ini juga menyampaikan hasil pertemuan bilateralnya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye.

"Demikian saya bicara secara bilateral dengan RRC dan Korsel. Saya banyak ketemu pemuka RRC antara lain Presiden Xi Jinping dan di Korea saya terima gelar doktor honoris causa," pungkas dia.

Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi Amerika Serikat pada 25-28 Oktober. Ini adalah kunjungan pertama Jokowi ke AS sejak menjadi Presiden RI.

Di Amerika, Jokowi akan bertemu dengan Presiden AS Barack Obama. Tepatnya di Gedung Putih, Washington DC, pada 26 Oktober 2015.

Selain itu, pria kelahiran Solo ini juga dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan anggota pemerintahan, anggota Kongres dan pelaku bisnis di AS.


(FJR)