Tubuh Pemuda 19 Tahun Ini Sekecil Bocah SD

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 25 Oct 2015 15:21 WIB
kemiskinan
Tubuh Pemuda 19 Tahun Ini Sekecil Bocah SD
Ahmad Dediswanto, 19, warga Brebes diduga menderita kelainan lever dan sumsum tulang sehingga berubuh kecil. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Pertumbuhan Ahmad Dediswanto, tak seperti anak-anak pada umumnya. Lantaran diduga menderita kelainan sumsum tulang, postur Ahmad mirip bocah sembilan tahun meski kini usianya 19 tahun. 

Bukan saja tubuhnya yang pendek, sejak kecil, warga RT 03/08 Gang Merpati Barat 1, Dukuh Lamaran, Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini menderita pembesaran perut. Akibat itu, penampilannya tak serupa anak-anak seusianya.

Sebenarnya, pemuda kelahiran 12 September 1996 itu sempat menjalani pemeriksaan di RSUD Brebes dan Slawi. Saat itu tim medis mendiagnosa Ahmad menderita penyakit lever.
 
"Seminggu di RSUD Brebes tidak kunjung sembuh dan katanya harus dirujuk ke Jakarta, kami bingung dengan biayanya, akhirnya kami bawa pulang," ujar Dunarto, ayah tiri Ahmad pada Metrotvnews.com, Minggu (25/10/2015), di rumahnya.

Ahmad sejak kecil telah ditinggal pergi ayah kandungnya. Kemudian, ibunya, Kasturi menikah dengan Dunarto. 

Bersama kedua orangtuanya (Dunarto dan Kasturi) Ahmad tinggal di rumah kecil yang terbuat dari tembok dan anyaman bambu. Di rumahnya, ia juga tinggal bersama dua adiknya.

Perekonomian pasangan Dunarto dan Kasturi hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. Kondisi ini membuat mereka tak punya biaya untuk pengobatan Ahmad. 

Kepala Desa Sitanggal, Sutrisno mengaku pihak desa sudah berusaha membawa ke RSUD Brebes dan juga sempat merujuknya ke rumah sakit di Semarang. 
 
"Kami sudah berusaha sampai merujuknya ke Semarang, namun sampai di situ terkendala besarnya dana yang harus dikeluarkan karena pihak medis menyatakan terkena sumsum tulang," papar Sutrisno.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Brebes dan dinas terkait memperhatikan warganya. Sutrisno juga mengaku senang bila ada dermawan membantu Ahmad. 


(SAN)