280 Tewas dalam Gempa di Afghanistan dan Pakistan

Fajar Nugraha    •    Selasa, 27 Oct 2015 09:55 WIB
gempa afghanistan
280 Tewas dalam Gempa di Afghanistan dan Pakistan
Imbas gempa yang terjadi di Afghanistan dan Pakistan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Islamabad: Jumlah korban tewas dalam gempa yang melanda wilayah pegunungan di Afghanistan, berimbas besar pada Pakistan. Dilaporkan hampir 280 orang tewas dalam kejadian ini.

Gempa melanda wilayah Pegunungan Hindu Kush, Afghanistan dengan kekuatan 7,5 Skala Richter (SR). Gempa yang kuat menimbukan guncangan di wilayah Asia Selatan.

Bangunan pun dilaporkan runtuh dan memicu kepanikan warga. Gempa juga memutus alur komunikasi di wilayah yang terkena invbas.

Korban tewas sebagian besar berasal dari Pakistan, di mana 214 warga dilaporkan tewas dan 1.800 lainnya terluka. Wilayah Peshawar menjadi salah satu kota yang terkena imbas gempa.

"Banyak rumah dan bangunan rubuh di kota. Selain itu banyak juga warga yang terperangkap di puing rumah," ujar Wali Kota Peshawar, Arbab Muhammad Asim, seperti dikutip AFP, Selasa (27/10/2015).

"Bangunan bergerak seperti pendulum. Getaran terasa sangat kencang, seperti surga akan jatuh," ungkap seorang warga, Tufail Ahmed.

Sementara pihak Pemerintah Afghanistan mengkonfirmasi 63 orang tewas dalam kejadian ini. Pemerintah Afghanistan sudah mengerahkan bantuan ke provinsi yang diguncang gempa.

Tetapi sebagian besar wilayah Provinsi Badakhshan yang merupakan pusat gempa, merupakan tempat yang sulit digapai. Ini disebabkan karena wilayah itu dikuasai oleh Taliban.

Sementara menurut Chief Eksekutif Afghanistan Abdullah Abdullah, gempa yang melanda merupakan yang paling parah dirasakan dalam beberapa dekade terakhir.

Abdullah menyebutkan laporan awal menunjukkan bahwa korban tewas banyak dilaporkan di wilayah Badakhshan, Takhar, Nangarhar, Kunar dan beberapa wilayah lain.
 


(FJR)