'Sebuah Lagu Untuk Tuhan,' Film yang Didedikasikan Bagi Kaum Tuna Rungu

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 27 Oct 2015 12:59 WIB
film indonesia
'Sebuah Lagu Untuk Tuhan,' Film yang Didedikasikan Bagi Kaum Tuna Rungu
Para pemain film Sebuah Lagu Untuk Tuhan (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Sebuah Lagu Untuk Tuhan karya sutradara Allyandara, didedikasikan untuk penderita tuna rungu. Sepanjang film terdapat subtitle yang membantu penderita tuna rungu memahami jalan ceritanya.

Film ini merupakan media inspirasi bagi para penderita tuna rungu dan penonton lain.

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Agnes Davonar ini bercerita tentang persahabatan seorang musisi, Gilang (Steven William), dengan Angel (Eriska Rein) seorang gadis tuna rungu yang baik hati.

"Pada kesempatan ini kami mau menyampaikan pesan dari seorang anak yang mengalami keterbatasan. Dengan tujuan agar kaum disabilitas mendapat perhatian dari pemerintah, masyarakat, terlebih dari keluarga terdekat. Hal ini dimaksud agar komunikasi dapat tercipta dengan baik guna tumbuh kembang jiwa anak disabilitas dengan orang tuanya," papar produser Hamdani, saat ditemui di Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2015).

Film ini juga menjadikan anak Dewi Yull dan Ray Sahetapy, Panji Surya Putra Sahetapy, sebagai role model.

"Saya sangat senang mendapat peran sebagai Angel. Saya membaca bukunya dulu. Sangat terharu dan senang. Ini menjadi salah satu alasan, karena sosok Angel inspiratif, memiliki pesan moral bagi sesama. Angel yang tuli 90 perssen namun bisa bicara, bisa membaca bibir, menutup pintu selalu dengan keras, persis kisah Panji Surya Putra Sahetapy. Bunda Dewi Yull sangat membantu saya untuk memahami akting menjadi tuna rungu," ungkap Eriska.

Bahkan Eriska mendapat bimbingan langsung dari Surya, yang juga merupakan penderita disabilitas pendengaran.

"Saya senang karena film ini dilengkapi dengan subtitle sehingga kami, penyandang tuli, bisa ikut menikmati film ini. Semoga film ini membuat masyarakat lebih menerima keadaan kami," ujar Surya.

Selain dibintangi Eriska Rein, Dewi Yull, serta Steven William, film ini diperkuat akting Adila Fitri, Nina Zatulini, Panji Surya dan Gigi Cherry Belle.

Sebuah Lagu Untuk Tuhan akan tayang pada 29 Oktober 2015.

 


(ROS)