Barcelona Dipersilakan Tampil di Ligue 1 Andai Catalunya Merdeka

Hilman Haris    •    Rabu, 28 Oct 2015 05:24 WIB
barcelonaliga spanyol
Barcelona Dipersilakan Tampil di Ligue 1 Andai Catalunya Merdeka
Barcelona terancam terdepak dari La Liga Spanyol andai Catalunya merdeka (LLUIS GENE / AFP)

Metrotvnews.com, Monaco: Barcelona terancam didepak dari La Liga Spanyol andai Catalunya menjadi negara merdeka. Andai hal itu terjadi, Perdana Menter Prancis, Manuel Valls, sudi menerima Lionel Messi dkk tampil di Ligue 1 Prancis.

"Kenapa tidak bisa? Monaco juga bermain di Ligue 1," ujar politisi kelahiran Barcelona tersebut.

Namun, keinginan Valls belum tentu direstui oleh otoritas penyelenggara Ligue 1. Ia nampaknya mengutarakan keinginan itu karena merupakan fans berat Blaugrana  sejak era Jenderal Franco.

"Saya masih ingat atmosfer luar biasa di lapangan pada Agustus 1975. Beberapa minggu sebelum Franco meninggal dunia," ujar Valls. 

"Sejarah Barcelona  tak hanya berkaitan dengan sepak bola. Saya punya hasrat tinggi terhadap sepak bola, dan klub ini. Rakyat Prancis tahu soal ini. Saya senang berbicara tentang Barcelona kepada siapa pun," lanjut Valls. 

AS Monaco sudah tampil di Ligue 1 sejak 1933. Mereka memilih untuk bermain di kasta teratas kompetisi sepak bola Prancis lantaran Kepangeranan Monako tidak punya kompetisi resmi yang berada dalam naungan FIFA dan UEFA.

Nasib yang dialami AS Monaco tak bisa didapat Barcelona. Para petinggi-petinggi kompetisi sepak bola Spanyol sejak jauh hari sudah menegaskan tidak akan merestui Barcelona tampil di La Liga andai Catalunya merdeka. (Football Espana)


(HIL)