Militer Nigeria Bebaskan 338 Tahanan Boko Haram

Willy Haryono    •    Kamis, 29 Oct 2015 10:06 WIB
boko haram
Militer Nigeria Bebaskan 338 Tahanan Boko Haram
Foto dari militer Nigeria memperlihatkan tahanan Boko Haram yang berhasil dibebaskan dari sebuah kamp di Hutan Sambisa, Rabu (28/10/2015). (Foto: AFP / Nigeria Military)

Metrotvnews.com, Lagos: Militer Nigeria membebaskan lebih dari 330 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, dari markas Boko Haram di Hutan Sambisa, Rabu (28/10/2015). 

"Pasukan kami menyelamatkan 338 orang yang ditangkap teroris," lapor militer Nigeria, seperti dilansir AFP. Dari 338 orang, 192 adalah anak-anak dan 138 lainnya wanita. 

Belum diketahui apakah ratusan orang itu termasuk 200 gadis remaja yang ditangkap Boko Haram di Chibok tahun lalu. 

"Operasi dilakukan di kamp teroris Boko Haram di Bulajilin dan Manawashe, di tepi Hutan Sambisa," lanjutnya. 

Disebutkan pula pasukan Nigeria juga membunuh 30 terduga militan dan mengamankan pasokan senjata api dan amunisi di lokasi. 

Serangkaian foto yang dirilis militer Nigeria memperlihatkan tahanan Boko Haram, yang sebagian besarnya wanita yang menggendong bayi. 

Tahanan Boko Haram ini telah dipindahkan ke sebuah kamp khusus di Mubi dekat negara bagian Adamawa.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah meminta militernya untuk menghabisi Boko Haram hingga awal November. Boko Haram telah menewaskan sedikitnya 17 ribu orang dan membuat lebih dari dua juta lainnya kehilangan tempat tinggal sejak 2009.


(WIL)