Tujuh Tersangka Penipuan Undian Berhadiah Dibekuk di Semarang

Deo Dwi Fajar Hari    •    Kamis, 29 Oct 2015 10:19 WIB
penipuan
Tujuh Tersangka Penipuan Undian Berhadiah Dibekuk di Semarang
Ilustrasi penipuan, Antara

Metrotvnews.com, Semarang: Polisi menggerebek sebuah rumah kontrakan di Semarang, Jawa Tengah, yang menjadi markas penipuan undian berhadiah antarprovinsi. Polisi mengamankan tujuh tersangka dari rumah tersebut.

Penggerebekan berlangsung di Perumahan Pundak Payung Nomor 68 Semarang, Kamis dini hari 29 Oktober. Saat penggerebekan, lima tersangka tengah tidur. Setelah membekuk kelimanya, polisi mengembangkan penyelidikan dan menangkap dua tersangka lain di lokasi berbeda yaitu Jalan Durian Banyumanik Semarang.


(Polisi menggerebek sebuah rumah kontrakan yang menjadi markas penipuan berkedok undian berhadiah di Semarang, Kamis dini hari 29 Oktober 2015, MTVN - Deo Dwi Fajar Hari)

Polisi mengamankan barang bukti berupa ribuan kupon berhadiah dari minyak goreng dan minuman bermerek. Polisi juga mengamankan satu sepeda motor, uang, buku catatan, mesin pencetak atau printer, dokumen, dan lima peta.

Modus yang dilakukan yaitu tersangka mengirimkan pesan singkat yang menyebutkan korban mendapatkan hadiah berupa mobil. Lalu tersangka meminta korban mentransfer sejumlah uang agar dapat mengambil hadiah tersebut.

Robert, Ketua RT, mengatakan para tersangka yang menempati rumah itu mengaku berasal dari Sulawesi. Mereka mengaku bekerja sebagai pengepul barang-barang bekas yang nantinya dikirim ke Sulawesi. Menurut Robert, penghuni rumah kontrakan itu ramah dengan warga sekitar. 

"Kita enggak curiga dengan keluarga itu. Tiap ada rapat RT, mereka juga rutin datang," kata Robert.

Seluruh tersangka beserta barang bukti dibawa ke kepolisian setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut.


(RRN)