UMKM Bantul Serap KUR Capai Rp20 Miliar

   •    Kamis, 29 Oct 2015 12:08 WIB
kur
UMKM Bantul Serap KUR Capai Rp20 Miliar
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Bantul: Serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sepanjang 2015 hingga Oktober ini diperkirakan telah mencapai sekitar Rp20 miliar.

"Target KUR tahun ini sekitar Rp70 miliar, namun hingga saat ini baru sekitar 30 persen atau sekitar Rp20 miliar yang terserap," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Bantul Sulistyanto, seperti dikutip dari Antara, di Bantul, Kamis (29/10/2015).

Menurut dia, di Bantul program KUR bagi UMKM disalurkan melalui sejumlah lembaga perbankan, di antaranya Perusahaan Daerah (PD) Bank Bantul, Bank Pembangunan Daerah (BPD), dengan platform pinjaman maksimal Rp20 juta per kelompok.

"KUR adalah program pemerintah pusat untuk membentu modal UMKM tanpa jaminan dengan suku bunga ringan. Setiap pengajuan kredit maksimal Rp20 juta, namun pemberian (kredit) disesuaikan dengan kemampuan," jelasnya.

Pihaknya mengakui serapan KUR dari lembaga perbankan milik pemerintah daerah untuk UMKM tersebut hingga Oktober ini masih rendah jika dibanding dengan target keseluruhan hingga akhir 2015 yang sebesar Rp70 miliar.

Namun demikian, pihaknya optimistis serapan KUR untuk permodalan UMKM akan bertambah seiring dengan meningkatnya kebutuhan tambahan modal usaha pelaku industri kecil itu, meskipun hingga akhir tahun serapannya tidak sebanyak yang ditargetkan setahun.

"Kalau sekarang ini kan cenderung ada pelemahan ekonomi, namun ketika kondisi sudah membaik atau ada kenaikan omset, mereka akan butuh tambahan modal lagi, sehingga pasti ada permintaan," pungkas Sulisryanto.


(ABD)