Perlu Stimulus Sektor Rill Dorong Industri Perbankan

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 29 Oct 2015 15:53 WIB
perbankan
Perlu Stimulus Sektor Rill Dorong Industri Perbankan
Ketua Perbanas Sigit Pramono (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono menilai adanya pernyataan bahwa industri perbankan bisa menjadi pendorong ekonomi di tengah kondisi perlambatan perekonomian adalah hal yang keliru.

"Kesalahan adalah kaitannya bank itu selalu jadi lokomotif. Tidak bisa bank jadi lokomotif perekonomian," kata Sigit, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2015).

Dirinya menambahkan, seharusnya untuk mendorong industri perbankan perlu stimulus di sektor riil. Karenanya, Sigit mengkritik paket kebijakan ekonomi pemerintah yang terlalu minim memberikan stimulus sektor riil.

"Bank itu mengikuti sektor perdagangan, sektor riil. Kalau kita mau dorong pertumbuhan ekonomi mau merangsang itu, berikan stimulus sektor riilnya bukan bank," tegas dia.

Untuk itu, apabila sektor riil bisa didorong maka akan menumbuhkan permintaan di industri perbankan. Namun, apabila perbankan yang didorong meningkatkan sektor riil dikhawatirkan menimbulkan kredit bermasalah.

"Artinya dengan sektor riil maju, tumbuh. Maka dia permintaanya akan tumbuh ke banknya. Kalau enggak butuh dikasih kredit maka yang ada malah kredit macet," pungkasnya.


(ABD)