9 Makanan Rendah Kalori

   •    Kamis, 29 Oct 2015 18:45 WIB
kesehatan
9 Makanan Rendah Kalori
Sayur bayam kaya akan vitamin dan zat besi. (Foto:vegkitchen.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diet tidak berarti Anda harus mengorbankan asupan gizi dengan tanpa mengonsumsi makanan apapun. Maka dari itu, Anda harus tahu bahwa banyak makanan rendah kalori yang lezat dan masih bisa Anda santap tanpa khawatir gemuk. 

Apa sajakah itu? Berikut beberapa makanan yang dimaksud.

1. Kale
Satu cangkir cincang kale mentah hanya memiliki 33 kalori. Tidak heran, kale selalu hadir dalam daftar makanan super. Sebagian besar vitamin dan mineral termasuk vitamin C dan kalsium terkandung dalam sayuran ini. 

2. Wortel
Wortel baik untuk diet karena selain rasanya yang tidak pahit, sayuran ini dapat dimakan dalam kondisi mentah. Kandungan vitamin A, B, C dan mangan ada di dalam wortel. Kalori yang dimiliki satu cangkir wortel hanya berkisar 50 kalori.

3. Brokoli
Brokoli adalah anggota dari keluarga cruciferous sayuran, yang semuanya tinggi nutrisi dan antioksidan. Brokoli sangat tinggi vitamin C, zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium. Sayuran hijau ini benar-benar rendah kalori, secangkir brokoli cincang hanya terdapat 31 kalori.

4. Kembang kol 
Meskipun tidak memiliki daun berwarna hijau gelap, kembang kol masih mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Satu cangkir cincang kembang kol hanya memiliki 25 kalori.

5. Bayam
Bayam tinggi zat besi, kalsium, dan beberapa vitamin, dan satu cangkir daun bayam mentah hanya memiliki 7 kalori dan secangkir bayam yang telah dimasak hanya memiliki 41 kalori.

6. Jamur
Ada banyak jenis jamur, beberapa di antaranya seperti chanterelles yang tinggi vitamin D. Namun secara umum, jamur sumber terbaik dari vitamin B, mineral dan serat. Secangkir jamur putih hanya mengandung 44 kalori. Jamur bisa Anda jadikan salad atau olahan makanan lainnya. 

7. Udang
Udang tinggi protein, selenium, niacin dan vitamin B-12. Empat udang besar yang dimasak hanya memiliki sekitar 26 kalori. 

8. Tomat
Tomat mengandung vitamin A, C dan banyak vitamin B dan sejumlah mineral penting. Lima potong tomat memiliki total 20 kalori saja. Selain itu, makan tomat juga baik untuk kesehatan mata Anda.

9. Seafood
Ketimbang daging, makanan laut lebih rendah kalori. Dua kerang besar contohnya yang hanya memiliki 26 kalori. Protein, mineral dan vitamin B-12 yang tinggi juga hadir di dalam kerang. (Sumarni/ Nutrition About)



(LOV)