ISIS Rencanakan Serangan Berskala Besar ke Inggris

Willy Haryono    •    Kamis, 29 Oct 2015 19:14 WIB
isis
ISIS Rencanakan Serangan Berskala Besar ke Inggris
Jam Big Ben di London, Inggris. (Foto: AFP / NIKLAS HALLEN)

Metrotvnews.com, London: Saat ini, kelompok militan Islamic State (ISIS) sedang merencanakan serangan berskala besar dan masif ke Inggris. Demikian diungkapkan Andrew Parker, direktur jenderal agensi keamanan intelijen Inggris MI5. 

Ancaman serangan ISIS, terutama dari militan kelahiran Inggris, terus meningkat dari hari ke hari. Parker mengakui terpaksa harus melancarkan serangan peretasan (hacking) ke jaringan terorisme untuk mengetahui percakapan para militan. 

Menurut Parker, level ancaman teroris ke Inggris saat ini mencapai puncak tertinggi sejak 32 tahun terakhir. Dalam 12 bulan ke belakang, MI5 berhasil menggagalkan enam plot teroris di Inggris dan tujuh lainnya di luar negeri. 

Parker menyebut empat per lima dari 4000 agen MI5 telah dikerahkan untuk mencegah serangan teroris. 

"Lebih dari 750 ekstremis dari negara ini telah pergi ke Suriah, dan pertumbuhan ancaman terus meningkat tanpa sempat mereda," kata Parker, seperti dikutip Telegraph.co.uk, Kamis (29/10/2015). 

"Kami melihat ada beberapa plot terhadap Inggris yang digerakkan teroris di Suriah, yang terinspirasi dari eksploitasi teknologi oleh ISIS," sambung dia. 

Banyak warga Inggris, kata Parker, sudah diradikalisasi melalui serangkaian propaganda ISIS di dunia maya. 

"Dalam cakupan Eropa dan tempat lainnya, tahun ini kami melihat ada ambisi teroris untuk melancarkan serangan besar-besaran," tutur Parker. 

Meski ISIS terus mendominasi pemberitaan media di seluruh dunia, namun Parker mengingatkan ancaman dari al-Qaeda juga masih perlu diperhitungkan. 

"Kematian 31 warga Inggris dalam serangan di Sousse adalah pengingat akan ancaman terorisme," ujar Parker.


(WIL)