Bos BEI: Tidak Ada Aturan yang Dilanggar Jika Freeport IPO

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 02 Nov 2015 15:32 WIB
freeport
Bos BEI: Tidak Ada Aturan yang Dilanggar Jika Freeport IPO
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Bos Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku tidak ada aturan yang dilanggar jika PT Freeport Indonesia melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) di bursa.

"Dalam perjanjian Freeport pada 2001, salah satunya diperbolehkan melakukan IPO di bursa, Ayo dong listed di bursa, tidak ada pelanggaran apapun kalau Freeport listed di bursa," ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio, ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Namun demikian, dalam melakukan divestasi saham Freeport, pemerintah harus mengutamakan masyarakat Indonesia yang menyerap sahamnya. Agar masyarakat bisa merasakan hasil kekayaan alam di negeri sendiri.

"Pemerintah harus berpihak ke masyarakat. Kalau listed tolong jangan dijual ke tempat lain, tapi jual ke rakyat‎, ini namanya pemerataan pendapatan melalui pemilikan," ungkap dia.

Dia menekankan, BEI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan tidak akan dibeli oleh asing, divestasi saham melalui IPO hanya akan diserap investor lokal.

"Aturan bisa kita bikin untuk investor lokal. OJK bisa buat itu, sistem bursa bisa mena‎han asing supaya tidak beli," tutup Tito.


(AHL)