Polda Jatim Turun Tangan Periksa Polisi Isap Sabu

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Senin, 02 Nov 2015 18:25 WIB
narkoba
Polda Jatim Turun Tangan Periksa Polisi Isap Sabu
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com/Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Kasus video anggota polisi dari Polres Banyuwangi, Brigadir R dan Brigadir H, yang sedang mengonsumsi sabu kini ditangani Bidang Propam Polda Jawa Timur. Pada Minggu, 1 November, keduanya dibawa ke Markas Polda Jawa Timur untuk menjalani pemeriksaan.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan pemindahan dan pemeriksaan itu. Alasannya untuk memudahkan proses penyidikan. Argo menjelaskan, pemindahan ini dilakukan untuk mempermudah pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Sebab, jika diperiksa di Polres Banyuwangi sendiri khawatirnya ada yang ditutup-tutupi.

“Polda kan masih juga institusi kepolisian. Kan nggak apa-apa to. Kalau diperiksa temannya sendiri bukan tidak mungkin akan ada yang ditutup-tutupi,” jelasnya.

Video yang diunggah AD, istri Brigadir R, itu terjadi pada 2011 atau empat tahun lalu. Argo menyatakan, meski itu kasus lama tetap mendalami karena perbuatan tersebut dilarang UU dan mencederai citra Polri. “Makanya kami usut dulu. Kami dalami kasusnya. Kalau memang benar-benar itu dilakukan, keputusan apa yang harus diambil. Akan kami dalami dulu,” katanya.

Ketika ditanya apakah Brigadir R sebelumnya pernah menjalani sidang disiplin di kepolisian, Argo menyatakan belum tahu. “Belum tahu saya. Coba nanti saya cek dulu,” ujarnya.

Seperti diketahui, AD mengunggah video tersebut lantaran jengkel karena Brigadir R jarang pulang.


(UWA)