BPBD Pastikan Tak Ada Titik Api di Sulut

   •    Selasa, 03 Nov 2015 13:32 WIB
kebakaran hutan
BPBD Pastikan Tak Ada Titik Api di Sulut
Petugas memadamkan lahan gambut. (Ant/Roni Muharrman)

Metrotvnews.com, Manado: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memastikan tidak ada lagi titik api di sejumlah kawasan hutan dan lahan yang terbakar beberapa waktu lalu.

"Semuanya (titik api) padam, tidak ada lagi yang terbakar. Kebakaran tidak lagi meluas karena ada hujan yang mengguyur sejumlah wilayah," kata Kepala BPBD Noldy Liow di Manado, seperti dilansir Antara, Selasa (3/11/2015).

Dia menambahkan, padamnya titik api di Gunung Klabat, Kabupaten Minahasa Utara, Gunung Dua Sudara, Gunung Soputan dan beberapa tempat lainnya di Provinsi Sulut karena partisipasi seluruh elemen masyarakat, pemerintah, TNI/Polri, relawan serta lembaga swadaya masyarakat.

"Pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup juga telah membantu mengirimkan pesawat water bombing ikut memadamkan api di sejumlah titik. Pemerintah daerah melalui penjabat gubernur memberikan perhatian penuh terhadap upaya pemadaman api kawasan hutan dan lahan," katanya.

Dia mengatakan, pesawat water bombing yang telah dioperasikan selama beberapa hari memadamkan api kawasan hutan dan lahan telah kembali ke Jakarta untuk membantu memadamkan api di wilayah Jawa.

Dia menambahkan, pascakebakaran hutan dan lahan, pemerintah daerah memprogramkan Gerakan Sulut Menanam. Program ini sesuai Surat Edaran No 364/2154/Sekr-Ro SDA tentang Penanggulangan
Bencana Kebakaran Kawasan Hutan dan Lahan di Provinsi Sulut.

"Program ini akan dicanangkan pada 10 November mendatang. Kawasan hutan dan lahan yang disasar yaitu Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa serta sejumlah tempat lainnya," katanya.


(SAN)