Pemprov DKI Wacanakan Pasar Tradisional Buka 24 Jam

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 03 Nov 2015 18:31 WIB
pasar tradisional
Pemprov DKI Wacanakan Pasar Tradisional Buka 24 Jam
Pasar tradisional percontohan. (Foto:Antara/Nyoman Budhiana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wacanakan pasar tradisional beroperasi 24 jam penuh. Pedagang dibagi jadi dua shift. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah meminta Direksi PD Pasar Jaya mengegolkan kebijakan itu.
 
"Pasar Jaya bisa dibuka 24 jam. Saya mau (pasar) juga jadi tempat wisata. Jadi kalau di atas ada apartemen sederhana mungkin bisa dibuka 24 jam," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015).
 
Pasar yang buka 24 jam akan membawa keuntungan buat Pemprov DKI. Pasalnya, akan ada pergantian pedagang tiap 12 jam kerja. "Pedagangnya ganti shift. Pedagang siang dan malam berbeda, termasuk jenis barang yang dijual," ujar Ahok.
 
Namun, operasional 24 jam harus dibarengi kebersihan sanitasi. Ahok menginstruksikan, PD Pasar Jaya menyediakan toilet serta air bersih memadai. "Saya ingin PD Pasar Jaya punya toilet WC enggak kalah sama mal," jelas Ahok.
 
Mantan Bupati Belitung ini juga mengusulkan PD Pasar Jaya mengelola lahan parkir. Mengingat beberapa pasar yang akan dibangun bakal disatukan dengan apartemen murah warga.
 
PD Pasar Jaya berencana membangun dan renovasi tiga tipe pasar. Adapun ketiga tipe tersebut adalah pasar tradisional modern, pasar konsep terpadu rusunawa dan konsep pasar rakyat.


(FZN)