Menkeu: PNS Lebih Untung Bawa Pulang THR Ketimbang Naik Gaji

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 04 Nov 2015 03:18 WIB
tunjangan hari raya
Menkeu: PNS Lebih Untung Bawa Pulang THR Ketimbang Naik Gaji
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (tengah) didampingi Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo (ketiga kanan) menyimak pertanyaan wartawan terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 di Jakarta, Selasa (3/11). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah sudah menganggarkan pagu anggaran THR PNS dalam postur Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 sebesar Rp7,5 triliun. THR yang bakal diberikan sebesar satu kali gaji untuk pegawai aktif dan 50 persen untuk pensiunan.

"Karena selama ini PNS belum terima THR. Maka kita berpikir bagaimana memperbaiki take home pay dengan memberikan THR," kata Bambang di kantor Ditjen Pajak, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2015).

Namun, dengan adanya THR tersebut, para abdi negara ini tak akan merasakan kenaikan gaji yang setiap tahun dialami. Dengan bonus berupa THR, menurut Bambang, PNS akan jauh lebih untung ketimbang mendapat kenaikan gaji setiap tahun.

"Dari segi yang menerima jelas terima, kalau kenaikan gaji cuma berapa, terakhir itu 6 persen. Contoh besaran gaji pokok untuk PNS golongan 4 itu Rp5 juta. Kenaikan gaji 6 persen dari Rp5 juta itu Rp300 ribu. Artinya naik gajinya Rp300 ribu. Berarti, enakan terima THR, karena dapatnya sekali kali gaji, berarti dia terima THR  Rp5 juta," jelas dia.


(OGI)