Mengobati Nyeri Sendi dengan Tai Chi

Nia Deviyana    •    Rabu, 04 Nov 2015 07:34 WIB
kesehatan
Mengobati Nyeri Sendi dengan Tai Chi
Gerakan tai chi membantu meredakan nyeri sendi (Foto:Lifehack)

Metrotvnews.com, Jakarta: Osteoarthritis (OA) atau nyeri sendi memang tidak membahayakan jiwa. Namun, bisa mengurangi produktivitas dan kualitas hidup seseorang.

Adapun gejala yang dirasakan penderita OA berupa nyeri pada sendi, kaku pada sendi, pembengkakan, gangguan pergerakan, hingga berubahnya bentuk sendi (deformitas).

Dr. Adrian. W. Tarigan, Sp.OT, spesialis ortopedi dan traumatology Rumah Sakit Jakarta menjelaskan, pencegahan menjadi langkah tepat agar terhindar dari derita nyeri akibat OA.

Namun, bagi mereka yang sudah menderita OA, manajemen penanganan yang tepat bisa dibagi menjadi tiga tahap.

"Pertama, tanpa obat. Cukup beristirahat ketika merasakan nyeri. Kompres bagian nyeri, bisa dengan air dingin atau hangat," kata dia dalam edukasi kesehatan bertema Osteoarthritis dan Manajemen Penanganannya, di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Langkah kedua dan ketiga, bisa dengan obat maupun operasi.

"Bisa menggunakan obat analgesik (pereda nyeri), anti inflamasi, obat oles, atau suntik steroid. Namun, batasi pemakaian obat jangka panjang," saran dia.

Jika semua sudah dilakukan, tetapi masih terasa ganjalan dan nyeri pada sendi, tindakan operasi boleh dilakukan. Meski demikian, Dr. Adrian menyarankan untuk tidak terburu-buru melakukan operasi.

Manajemen OA dengan Latihan Fisik

Beberapa latihan fisik direkomendasikan untuk mengurangi nyeri akibat OA, seperti berenang, berjalan dengan kecepatan biasa, dan bersepeda.

Penelitian terbaru dari Universitas British Columbia, Kanada menemukan, Tai Chi dapat mengurangi nyeri OA.

"Olahraga asal Tiongkok ini memiliki ritme gerakan lambat, pernafasan dalam, dan pemusatan pikiran dengan unsur meditasi. Tai chi juga menjadi olahraga yang direkomendasikan bagi lansia oleh Arthtritis Foundation," ujar Martin Rizal Soeprapto, Founder perguruan Tai Chi Energi Alam Semesta.

Gerakan Tai chi berpusat di pinggang, dan dialirkan ke seluruh tubuh. Gerakan Tai Chi membuat semua bagian sendi bekerja.

"Contoh, orang rata-rata berjalan mengandalkan sendi tumit. Tapi dengan latihan Tai Chi secara teratur, seluruh pergelangan sendi akan ikut bergerak sehingga terjadi keseimbangan pada anggota gerak tubuh," jelas Martin.


(ROS)