Enam Penerbangan dari Yogya Tujuan Bali Ditunda

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 04 Nov 2015 17:16 WIB
gunung rinjani
Enam Penerbangan dari Yogya Tujuan Bali Ditunda
Suasana Bandara Adisucipto Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Penutupan Bandara Ngurah Rai, Bali berdampak langsung pada jadwal penerbangan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Akibatnya, enam penerbangan dari Yogyakarta tujuan Denpasar terpaksa ditunda.

"Ada enam jadwal penerbangan dari tiga maskapai yang ditunda. Garuda (tiga flight), Lion Air (2 flight), dan Air Asia (1 flight)," kata GM Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Rabu (04/11/2015).

Agus menjelaskan, penundaan sejumlah maskapai itu akibat ditutupnya Bandara Ngurah Rai, Bali karena terkena debu vulkanik erupsi anak Gunung Rinjani. Penutupan bandara Ngurah Rai, kata dia, berdasarkan Notem A2472/15 tanggal 4 November 2015, yang menjelaskan bandara tersebut ditutup sejak pukul 08.05 WITA hingga Kamis (05/11/2015) pukul 08.45 WITA.

"Informasi dari BMKG, sebaran debu vulkanik mengarah ke barat daya dengan ketinggian 14.000 feet. Searah dengan Bandara Ngurah Rai," ungkapnya.

Agus mengaku sudah menjalin komunikasi dengan pihak maskapai terkait penutupan Bandara Ngurah Rai. Dengan terpaksa, jadwal penerbangan yang tertunda itu akan kembali dijadwal ulang atau dilakukan pengembalian tiket penumpang.

"Kita sudah antisipasi, Bandara Adisutjipto tidak sampai ada penumpukan penumpang. Semua berjalan lancar, tidak ada masalah," kata dia.

Agus menambahkan, hingga kini masih menunggu perkembangan informasi dari BMKG perihal kondisi Bandara Ngurah Rai. "Kalau sudah dibuka, kita bisa reschedule," ujarnya. (san)


(SAN)