Bank Mandiri Buka Layanan E-Cash di Indomaret

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 04 Nov 2015 17:37 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Buka Layanan E-Cash di Indomaret
Illustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Mandiri bekerja sama dengan Indomaret untuk memperluas layanan keuangan digital menggunakan mandiri e-cash. Dengan kerjasama ini, Indomaret akan menjadi agen Bank Mandiri yang dapat memberikan layanan keuangan berupa penerimaan transaksi setor tunai, tarik tunai dan belanja dengan mandiri e-cash.

Peluncuran kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin dan Direktur Utama Indomaret Sinarman Jonatan, serta disaksikan oleh Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Andi ZA Dulung, Kepala Pokja Kebijakan TNP2K Elan Satriawan, Deputi Direktur Program Elektronifikasi dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia Agustina Darmayanti.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin, kerja sama dengan Indomaret ini merupakan upaya untuk memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat. Langkah ini juga dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran mikro.

"Melalui kerja sama dengan Indomaret ini, kami ingin masyarakat dapat lebih mudah dan nyaman melakukan transaksi perbankan. Inovasi ini juga diharapkan dapat memperluas akses layanan keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat," ujar Budi di Indomaret Point, Jalan IR H Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Selain memberikan kemudahan masyarakat khususnya segmen unbanked dalam melakukan transaksi keuangan, mandiri e-cash juga dapat dijadikan salah satu instrumen untuk program penyaluran dana bantuan pemerintah.

Hal ini telah diujicobakan pada penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dimana penerima bantuan menerima dana bantuan langsung ke nomor mandiri e-cash.

"Kerja sama dengan Indomaret tentunya memperluas alternatif channel atau tempat bagi penerima bantuan untuk melakukan penguangan dana bantuan. Di samping itu, penerima bantuan juga dapat memanfaatkan dana tersebut untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari di Indomaret," lanjut dia.

Disamping itu, mandiri e-cash juga dapat digunakan untuk membeli voucher PLN, melakukan transaksi di lebih dari 12.000 outlet dan 200 merchant online yang telah bekerjasama baik food delivery, leisure, online merchant hingga online games. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat melakukan tarik tunai tanpa menggunakan kartu atm.

Selanjutnya, pemegang mandiri e-cash juga dapat melakukan transfer uang kepada teman atau kolega baik yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar mandiri e-cash.

"Dalam waktu dekat, produk laku pandai juga akan dapat dilayani di seluruh gerai Indomaret," pungkasnya.


(SAW)