Produk Mamin Berpotensi Rajai Perdagangan Dunia

Husen Miftahudin    •    Kamis, 05 Nov 2015 15:01 WIB
industri makanan
Produk Mamin Berpotensi Rajai Perdagangan Dunia
Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong (tengah) (Foto: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong mengaku, pihaknya saat ini tengah mendorong produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurut dia, hal ini karena produk UKM mampu mendorong perekonomian dalam negeri mengingat mayoritas aktivitas ekonomi Indonesia ada pada perdagangan produk UKM.

"Era ekonomi 10 tahun ke depan itu dari hal-hal yang unik dan terus terang tidak lagi pada barang-barang produksi massal. Jadi barang yang memiliki ciri khas dan keunikan itu akan menjadi barang yang sangat diminati konsumen dunia," ujar Tom, dalam acara PPN-PPDN 2015, di Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2015).

Produk UKM merupakan produk yang mengedepankan kreativitas, inovasi dan seni dari para pembuatnya. Maka tidak heran jika produk-produk UKM akan diminati konsumen dan pasar dunia dalam 10 tahun mendatang.

Salah satu produk UKM yang akan jadi raja perdagangan dunia, aku Tom, adalah produk makanan dan minuman (mamin). Produk mamin dinilai mengedepankan inovasi dan kreativitas, sehingga akan menarik mata perdagangan dunia pada produk satu ini.

Ia menambahkan, di tengah kondisi perekonomian yang kini sedang mengalami kelesuan, produk UKM mamin menjadi yang terdepan menjaga perekonomian Indonesia sehingga tak jeblok terlalu dalam.

"Di dalam perdagangan nasional itu kondisi ekonomi nasional, regional dan global itu sangat berat. Tapi kita mulai melihat titik cerah, salah satu titik cerah itu ada di industri mamin, itu aneka mamin bisa menjadi primadona yang baru," pungkas Tom.


(ABD)