Banding Ditolak CAS, Rossi Dipastikan Start dari Posisi Buncit di Valencia

Achmad Firdaus    •    Kamis, 05 Nov 2015 23:42 WIB
motogpmotogp 2015
Banding Ditolak CAS, Rossi Dipastikan Start dari Posisi Buncit di Valencia
Valentino Rossi saat menghadiri konferensi pers jelang MotoGP Valencia (Foto: AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)

Metrotvnews.com, Laussane: Upaya terakhir Valentino Rossi untuk mencari keadilan berakhir sia-sia. Bandingnya ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport (CAS) mendapat penolakan.

CAS tidak menyanggupi permintaan Rossi agar hukumannya dihapuskan atau dikurangi. Dengan demikian, The Doctor harus menerima kenyataan start di posisi paling belakang pada seri pamungkas MotoGP di Valencia, Minggu 8 November mendatang.

CAS sepakat dengan keputusan FIM yang menilai Rossi dengan sengaja membuat Marc Marquez pada seri MotoGP Malaysia.

"CAS telah menolak permintaan Rossi untuk menunda keputusan yang telah dijatuhkan FIM pada 25 Oktober 2015," demikian pernyataan CAS.

"Untuk itu, hukuman penalti tiga poin yang diberikan FIM kepada Rossi akan tetap berjalan. Valentino Rossi akan start di posisi terakhir pada seri terakhir MotoGP yang akan digelar di Valencia, 6-8 November," lanjut keputusan tersebut.

Dengan keputusan ini, peluang Rossi untuk merebut gelar juara dunia ke-10 nya pun terbilang tipis. Pasalnya, meski masih memimpin klasemen sementara pembalap, namun Rossi hanya unggul tujuh poin dari Jorge Lorenzo di posisi kedua.

Kondisi ini memaksa Rossi mengeluarkan segenap kemampuan terbaiknya untuk bisa finis di posisi dua, sebagai syarat minimal yang harus dicapainya jika ingin menjadi juara dunia MotoGP musim ini. (Crash)


(ACF)