10 Fakta Menarik Tentang MotoGP Valencia

Kautsar Halim    •    Jumat, 06 Nov 2015 15:13 WIB
motogpmotogp 2015
10 Fakta Menarik Tentang MotoGP Valencia
Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol. (foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: MotoGP Valencia, Minggu 8 November bakal jadi sajian penutup bagi para pencinta olahraga balap motor musim ini. Balapan dipastikan berlangsung sengit karena Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi bakal bersaing memperebutkan gelar juara dunia.

Rossi mendapat adangan berat guna menjadi juara dunia. Ia memang unggul tujuh poin dari Lorenzo. Tapi ia tak bisa santai karena karena bakal memulai start dari urutan buncit di Grand Prix (GP) Valencia. Asa Rossi meraih hasil bagus menjadi makin sulit karena motor-motor pabrikan Honda punya rekam jejak bagus di GP Valencia.

Akan tetapi, peluang Rossi menjadi juara dunia tetap terbuka. Asal, ia mampu finis di urutan keenam atau lebih baik andai Lorenzo finis ketiga. Jika skenario itu terjadi, Rossi bakal menjadi juara dunia dengan keunggulan satu poin dari Lorenzo.

Berikut 10 Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia:    

1. Sirkuit Grand Prix (GP) Valencia diadopsi dari nama pembalap top Spanyol, Ricardo Tormo, yang meninggal tragis karena leukemia. Tormo merupakan juara 15 kali GP kelas 50cc dan empat kali juara kelas 125cc.    

2. Dani Pedrosa merupakan pembalap tersukses di GP Valencia. Total, pembalap asal Spanyol itu sudah enam kali juara di sana. Tiga kali di ajang MotoGP, dua kali untuk kelas 250cc, dan sekali di kelas 125cc. Hanya ada dua pembalap yang mampu menang dua kali di Valencia. Selain Pedrosa, prestasi serupa pernah ditorehkan Casey Stoner. Pembalap asal Australia yang sudah gantung helm itu mampu menang tiga kali di Valencia.

3. Terdapat enam pembalap yang mampu menang di GP Valencia:
*Valentino Rossi menang dua kali di ajang MotoGP
*Maverick Vinales menang di balapan kelas 125cc dan Moto3
*Miko Kallio menang sekali di kelas 125cc dan 250cc
*Jorge Lorenzo menang dua kali di ajang MotoGP
*Marc Marquez menang sekali di ajang Moto2 dan sekali di MotoGP
*Hector Barbera menang di kelas 125cc dan 250cc

4. Sudah 14 tahun Valencia ditunjuk sebagai seri terakhir MotoGP.

5. Sebagian besar balapan kelas primer yang berlangsung di Valencia berhasil dimenangkan oleh pembalap Spanyol
*Sete Gibernau sukses memenangkan balapan kelas 500 cc ketika masih bersama Suzuki pada 2001
*Dani Pedrosa menjadi juara di ajang MotoGP sebanyak tiga kali, yakni pada 2007, 2009, dan 2012
*Jorge Lorenzo sudah menang dua kali, 2010 dan 2013
*Marc Marquez menang pada 2014

6. Sejak MotoGP menggunakan mesin 4 tak pada 2002, Honda merupakan pabrikan yang paling sering juara di Valencia. Sejauh ini Honda sudah menang delapan kali. Disusul oleh Yamaha yang berhasil menang tiga kali dan Ducati dengan catatan dua kemenangan.

7. Pencapaian terbaik tim Ducati di Valencia sempat ditorehkan Casey Stoner ketika finis di urutan kedua pada 2010. Namun, pencapaian itu gagal dipertajam Andrea Dovizioso yang hanya finis di urutan keempat pada tahun lalu.

8. Pencapaian terbaik tim Suzuki di Valencia diraih sekali oleh John Hopkins pada 2007. Ketika itu, Hopkins finis di urutan ketiga.

9. Hanya ada dua pembalap di dunia ini yang pernah 16 kali berkompetisi di GP Valencia, yaitu Valentino Rossi dan Randy de Puniet

10. Marquez jadi juara di GP Valencia setelah memulai start dari urutan kelima pada musim lalu. Fakta itu memecahkan rekor baru, karena 16 tahun sebelumnya GP Valencia dijuarai oleh para pembalap yang berada di urutan terdepan.

 


(HIL)