Kementerian ESDM Kembali Lelang WKP

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Nov 2015 11:36 WIB
kementerian esdm
Kementerian ESDM Kembali Lelang WKP
Menteri ESDM Sudirman Said (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelangkan kembali Wilayah Kerja Panas Bumi (WK). Setelah 12 tahun lamanya, akhirnya WKP yang kembali dilelangkan yakni WKP Gunung Lawu dan WKP Danau Ranau.

Menteri ESDM Sudirman Said mengklaim ada satu terobosan selama satu tahun dia bekerja di Kabinet Kerja Jokowi-JK yaitu berhasil melelang kembali WKP setelah 12 tahun tidak dilelangkan.

"Kemudian untuk pertama kali setelah 12 tahun lamanya kita tidak melelang WK panas bumi maka pada tahun lalu kita mulai melelang panas bumi," jelas Sudirman, dalam sebuah konferensi pers, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Wijaya, Jakarta, Minggu 8 November.

Sudirman menjelaskan, setelah pelelangan dua WKP ini nanti akan dilakukan kembali tiga lelang WKP susulan. Sehingga tahun ini diharapkan mencapai lima WKP. "Kita lakukan pelelangan dua blok  panas bumi dan akan ada tambahan tiga lagi. Total lima tahun ini," ujar dia.

Sementara untuk tahun depan, Sudirman menambahkan, akan menargetkan lelang untuk enam WKP lainnya. Diharapkan dari pelelangan yang dilakukan ini akan menambah kapasitas listrik Indonesia.

"Kalau dihitung maka seluruh kapasitas listrik terpasang akan ada 8.500 megawatt yang juga didukung dari energi baru terbarukan, hydro, matahari, angin, panas bumi, biomassa sedikit," pungkas dia.


(ABD)