Solo hanya Punya 10 Pendamping Odha Bersertifikat

Pythag Kurniati    •    Senin, 09 Nov 2015 17:01 WIB
aids
Solo hanya Punya 10 Pendamping Odha Bersertifikat
Kantor KPA Solo, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Penekanan angka pengidap HIV/AIDS di Kota Solo terkendala pada jumlah relawan pendamping orang dengan HIV/AIDS (Odha). Di lain sisi, pendamping Odha harus terlatih, bersertifikat, dan mampu mendampingi secara total.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Solo mencatat sebanyak 1.738 orang dengan HIV/AIDS (Odha). Data tersebut merupakan akumulasi kasus sepuluh tahun terakhir yakni sejak tahun 2005 hingga tahun 2015. 

Mereka berasal dari Kota Solo dan kabupaten lain di sekitar Solo. Kepala Program KPA, Tommy Pranowo mengatakan dari 1.738 Odha tersebut, hanya sekitar 720 orang yang mau melakukan program pendampingan.

Tommy juga mengemukakan baru ada sekitar 10 relawan di Kota Solo yang telah memiliki sertifikat Kementerian Kesehatan untuk mendampingi Odha. Namun banyak relawan belum bersertifikat juga turut membantu menekan angka HIV/AIDS.

“Mendampingi Odha kan tidak sembarang orang. Harus mengerti betul bagaimana penanganan, pengobatannya, keluarganya dan mobilitas tinggi,” ungkap Tommy saat ditemui di Kantor KPA Kota Solo, Senin (09/11/2015). Langkah pendampingan juga terganjal jika Odha tidak terbuka dan justru lari dari kenyataan. Akibatnya banyak Odha yang tidak mau didampingi.

Tommy menambahkan, kasus terbanyak Odha terjadi pada lelaki dengan resiko tinggi dengan jumlah 763 orang. Para lelaki ini, kata Tommy biasanya orang yang suka ‘jajan’ atau berganti-ganti pasangan. Menyusul ibu rumah tangga dan anak terpapar HIV/AIDS sebanyak 420 orang.

Peringkat ketiga Odha yaitu sebanyak 285 orang homoseksual. Berikutnya wanita pekerja seksual sejumlah 204 kasus, pemakai narkoba suntik sebanyak 107 orang dan waria 22 orang.

Upaya sosialisasi, ungkap Tommy, terus dilakukan dengan menggandeng sekitar 7 kelompok pendampingan berbasis komunitas. Pihaknya juga mengaku melakukan kerjasama dengan dinas-dinas terkait di Kota Solo dan kabupaten-kabupaten di sekitar Solo.



(RRN)