Dua Balita di Jaktim Diduga Alami Gizi Buruk

Akmal Fauzi    •    Senin, 09 Nov 2015 19:15 WIB
gizi kurang
Dua Balita di Jaktim Diduga Alami Gizi Buruk
Ilustrasi--dok MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sofyan, 3, terus menangis dalam dekapan ibunya, Ester, 46, di Rumah Sakit Islam (RSI) Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia baru saja dibawa ke rumah sakit lantaran diduga mengidap gizi buruk. Berat badannya turun drastis menjadi 11 kilogram

"Kalau (berat) normal anak seumuran dia harusnya 14 kilogram," kata Ester saat ditemui di RSI Pondok Kopi, Senin (9/11/2015).

Warga Kampung Gandaria, RT 01/07 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, itu terus menurun berat badannya semenjak sakit tiga minggu lalu. Sofyan sakit panas hingga kondisi bocah menurun. "Ini terus-terusan panasnya, ngedrop badannya," ujar Ester

Pekerjaan orangtua yang serabutan membuat Sofyan harus makan seadanya saban hari. "Suami saya cuma pekerja bangunan, gajinya Rp500 ribu per bulan. Saya kerja di laundry belum sebulan," kata Ester.

Hingga kemarin sore, Ester mengaku belum menerima hasil diagnosa dari dokter terkait penyakit yang diderita putra keduanya itu. Ia mengaku semua biaya pengobatan Sofyan bakal ditanggung oleh lurah Pondok Kelapa.

"Kurang tahu belum dicek dokter, belum diperiksa. Masuk pukul 12.00 WIB tadi. Bu lurah yang menanggung biayanya," kata Ester.

Kondisi serupa juga dialami oleh balita lainnya, Nadine, 3. Berat bocah perempuan yang juga tinggal di RT 1 RW 7, di kelurahan yang sama, itu hanya 9,5 kg.

"Katanya baru gejala gizi buruk, cuma belum tahu juga," ujar ibu Nadine, Rini, 33, saat ditemui di rumahnya.

Berbeda dengan Sofyan, Nadine hingga kini masih belum dirawat di rumah sakit. Rini memilih merawat buah hatinya secara mandiri. "Ya tadi ada pak lurah, tapi yang dibawa Sofyan," kata Rini.


(YDH)