Mentan: Indonesia Menuju Pertanian Modern

   •    Selasa, 10 Nov 2015 16:05 WIB
pertaniankementan ads
Mentan: Indonesia Menuju Pertanian Modern
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (MI/BARY FATHAHILAH)

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Kementerian Pertanian (Kementan) menilai Indonesia menuju pertanian modern dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di masa mendatang. Kementan akan melakukan berbagai macam upaya untuk mencapai hal tersebut.

"Upaya menuju pertanian modern salah satunya dengan menurunkan biaya produksi yang dikeluarkan petani," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, seperti dikutip dari Antara, di Banda Aceh, Selasa (10/11/2015).

Ia menjelaskan, selain penurunan biaya produksi, juga akan dilakukan peningkatakan produksi dan peningkatan intensitas tanam di seluruh kawasan. Pendekatan hilistik kendalikan impor harga gabah lebih bagus agar penghasilan petani lebih baik.

"Akumulasi dari pertanian modern ini nantinya akan mampu meningkatkan produksi seperti saat ini, capaian produksi meningkat sekitar empat juta ton lebih," ungkapnya.

Menurut dia, berbagai program yang dijalankan pemerintah, termasuk dengan kebijakan yang diterbitkan, semua bermuara untuk menyejahterakan masyarakat di seluruh Indonesia. Dengan berbagai program yang dijalankan oleh pemerintah, juga menjadikan Indonesia tidak melakukan impor beras sepanjang 2015.

"Kita tahun sebelumnya masih impor beras sekitar 800.000 ton, tetapi satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah tidak ada," pungkasnya.


(ABD)