Dukung Provinsi Madura, P4M Siap Mekarkan Wilayah Kepulauan Sumenep

Agus Josiandi    •    Selasa, 10 Nov 2015 17:30 WIB
madura mau jadi provinsi
Dukung Provinsi Madura, P4M Siap Mekarkan Wilayah Kepulauan Sumenep
Salah satu spanduk Deklarasi Provinsi Madura di Bangkalan, MTVN - Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Kabupaten Sumenep siap 'membelah diri' menjadi dua wilayah. Kesiapan itu sebagai bentuk dukungan masyarakat Kabupaten Sumenep untuk mewujudkan Madura menjadi provinsi baru.

Wilayah Sumenep terbagi menjadi dua yaitu daratan yang berada di Pulau Madura dan kepulauan. Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) pun menyatakan siap memekarkan wilayah kepulauan sebagai kabupaten baru.

"Kepulauan Sumenep siap menjadi kabupaten sendiri. Langkah ini harus dilakukan karena warga kepulauan merasa diperlakukan diskriminatif," kata Abdul Azis, perwakilan P4M dari Kepulauan Sumenep, dalam acara Deklarasi Provinsi Madura di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (10/11/2015).

Azis mengatakan wilayah kepulauan memiliki hasil laut yang melimpah dan kaya minyak bumi dan gas (migas). Dua hal itu pun mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sumenep.

Tapi warganya mengalami perlakuan 'tak adil'. Banyak warga yang mengantongi KTP dengan alamat di Kepulauan Sumenep tak mendapat akses kredit di beberapa bank di Surabaya.

"Mereka (petugas bank) ragu dengan kami. Sementara kontribusi kepulauan terhadap PAD Sumenep dan Jawa Timur cukup tinggi," jelas Azis di acara yang berlangsung di Gedung Rato Ebuh Bangkalan.

Selain Sumenep, P4M dari tiga kabupaten lain pun menghadiri acara tersebut yaitu Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang. Dalam acara yang berlangsung kurang lebih dua jam itu, mereka menyatakan siap mewujudkan rencana Madura menjadi provinsi baru.

Salah satu syarat wilayah untuk menjadi provinsi baru adalah memiliki lima kabupaten dan kota. Sementara Pulau Madura hanya memiliki empat kabupaten.


(RRN)