Satgas Banjir Polda Metro Jaya Mulai Turun Antisipasi Dampak Hujan

Deny Irwanto    •    Selasa, 10 Nov 2015 17:36 WIB
banjir jakarta
Satgas Banjir Polda Metro Jaya Mulai Turun Antisipasi Dampak Hujan
Satgas Banjir Polda Metro Jaya mulai apel antisipasi dampak hujan,--Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Antisipasi dampak peningkatan curah hujan yang berakibat banjir dan pohon tumbang terus digalakkan. Mengantisipasi hal itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, langsung menggelar apel Satuan Tugas (Satgas) Banjir. Apel tersebut dilakukan sore ini di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Dalam apel tersebut, Wadir Lantas Polda Metro Jaya, AKBP Valentino Tatareda mengatakan, Satgas Banjir dibentuk atas perintah pimpinan. Guna mengantisipasi dampak peningkatan curah hujan seperti genangan air, banjir, dan pohon tumbang.

"Belakangan ini, kita tahu Jakarta dan sekitarnya sudah mulai diguyur hujan. Sudah langsung terlihat dampak-dampaknya terutama terjadi genangan air di beberapa lokasi. Ada juga beberapa kejadian pohon tumbang mungkin akibat angin kencang," ujar Valentino, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (10/11/2015).

Pihaknya sudah melakukan pengecekan sarana dan prasarana seperti jas hujan, sepatu boot, gergaji, pompa air, dan lainnya untuk digunakan anggota dalam bertugas.

"Kita tidak tahu kapan akan hujan. Mungkin hari ini mungkin besok. Yang jelas ini sudah musimnya. Kita semua sama-sama mengantisipasi dengan kekuatan kita semaksimal mungkin. Kita punya data-data yang akan digunakan, mem-ploting personel dan kendaraan sesuai dengan karakteristik genangan tersebut," beber Valentino.

Valentino mengatakan, jika ada genangan besar atau banjir anggota di lapangan bisa melakukan langkah awal penanganan. Selanjutnya, polisi juga akan berkoordinasi dengan instansi lain.

"Utamanya kita menolong masyarakat, yang berkaitan dengan lalu lintas kita bisa melancarkan dengan cara bertindak pengalihan. Dengan cara bertindak yang perlu sesuai dengan situasi yang ada," katanya.

Dia menuturkan, Pemerintah DKI Jakarta sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi banjir. Diharapkan, hasilnya dapat maksimal sehingga musim hujan tahun ini tidak menimbulkan dampak yang signifikan.

"Setelah apel ini, anggota sudah ada plotingan. Kita akan bertugas mulai hari ini. Yang jelas tugas kita mengantisipasi dan melalukan upaya menghadapi dampak peningkatan curah hujan, dengan tujuan utama menolong, memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegas dia.

Ia menambahkan, "di bidang lalu lintas kita berupaya melancarkan lalu lintas, menolong yang mogok, terjebak banjir, dengan segenap tenaga dan prasarana yang ada."

Apel itu diikuti sekitar 200 anggota Satgas Banjir, dan sejumlah pejabat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.


(MBM)