KLHK dan Pemda Diminta Prioritaskan Anggaran Pencegahan Kebakaran Hutan

Mufti Sholih    •    Rabu, 11 Nov 2015 12:07 WIB
asap
KLHK dan Pemda Diminta Prioritaskan Anggaran Pencegahan Kebakaran Hutan
Hamdhani----MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah menghadapi bencana kabut asap di sejumlah daerah. Kementerian yang dipimpin Siti Nurbaya Bakar itu diminta memprioritaskan anggaran pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2016.

Menurut anggota Komisi IV DPR Hamdhani, anggaran restorasi kawasan hutan dan lahan yang telah terbakar dinilai penting agar bencana ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

"Agar bencana serupa tidak terulang di tahun-tahun mendatang," kata Hamdhani dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2015).

Pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, kata Hamdhani, bukan sekadar tanggung jawab pemerintah pusat. Pemerintah daerah pun harus terlibat aktif meningkatkan peran dalam pencegahan tersebut. Pemda selama ini dinilai kurang serius. Hamdhani menyebut, bahkan ada daerah yang mengalokasikan anggaran sebesar 0,02 persen dari keseluruhan APBD.

Untuk itu, Hamdhani menyebut, dirinya menyosialisasikan prioritas pemerintah terkait fokus penanganan pascabencana kabut asap. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemberian obat-obatan bagi penduduk di daerah yang terkena kabut asap.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam pengadaan obat-obatan tersebut mengingat besarnya kebutuhan masyarakat tertutama di daerah pedalaman Kalimantan," tandasnya.


(TII)