Empat Kecamatan di Kabupaten Sampang Potensi Puting Beliung

Agus Josiandi    •    Rabu, 11 Nov 2015 13:54 WIB
puting beliung
Empat Kecamatan di Kabupaten Sampang Potensi Puting Beliung
Foto: Kondisi tiga rumah di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang rusak parah akibat puting beliung/MTVN_Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Sampang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mengimbau warga waspada terhadap puting beliung. Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Sampang berpotensi puting beliung.

Keempat kecamatan itu yakni Kecamatan Robatal, Tambalangan, Kedungdung, dan Karang Penang. "Cuaca ekstrem terjadi karena dampak dari El Nino, hujan deras disertai angin kencang berdampak pada timbulnya angin puting beliung. Untuk itu masyarakat harus waspada," kata Kepala BPBD Kabupaten Sampang Anang Junaidi di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Rabu (11/11/2015).\

Anang mengimbau warga yang di rumahnya memiliki pohon tua berukuran besar segera dipotong. Sebab pohon yang tua dan rapuh rawan tumbang tertiup angin kencang sehingga dapat menimpa rumah bahkan membahayakan jiwa.

"Terutama rumah semi permanen. Setidaknya masyarakat bisa memperbaiki atapnya agar lebih kuat," kata dia.

Selain puting beliung, cuaca ekstrem juga dapat berdampak pada tanah longsor. Di wilayah tengah Kabupaten Sampang merupakan kawasan bukit dan tebing yang curam sehingga rawan longsor.


(TTD)