Industri Otomotif

Honda Siap Ekspansi ke Kota-Kota Kecil

Ekawan Raharja    •    Kamis, 12 Nov 2015 08:50 WIB
honda mobil
Honda Siap Ekspansi ke Kota-Kota Kecil
Honda rencana akan membuka dealer baru di berbagai kota kecil di seluruh Indonesia. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: PT Honda Prospect Motor (HPM) kini mulai membeberkan strategi mereka di tahun depan. Salah satunya adalah melakukan ekspansi jaringan yang bisa mencapai hingga ke kota-kota kabupaten.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, menjelaskan bahwa mereka menargetkan memiliki 200 dealer pada tahun 2016. Tentu saja dalam satu tahun kedepan, mereka harus menambah 40 dealer di seluruh Indonesia.

"Saat ini sudah ada 110 dealer 3S besar dan 47 dealer 3S kecil, kalo digabungkan dengan yang akan dibuka, bisa mencapai 160 dealer. Rencananya akan ada 200 dealer sampai tahun 2016, optimistis bisa kami capai," terang Jonfis Fandi pada di Tangerang Selatan.

Dia menargetkan bakal membuka beberapa dealer di kota kecil. Hal ini dilakukan untuk menggenjot penjualan mobil-mobil di segmen medium ke bawah seperti Low Cost Green Car (LCGC). Selain itu juga untuk menjamin kesiapan purna jual.

Sekarang pabrik PT HPM yang terletak di Karawang mencapai 200.000 unit per tahun. Beberapa produk seperti Mobilio, Brio, Jazz, CR-V, dan beberapa mobil lainnya lahir dari pabrik yang ada di Indonesia tersebut.

Strategi ini pun sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh Honda saja. Beberapa agen pemegang merek (APM) lainnya pun juga melakukan strategi yang sama untuk menggenjot penjualan. Sebut saja Toyota melalui Auto2000 yang baru saja membuka dealer baru di Bali.


(UDA)