Motor Baru

Dua Titik Utama Perubahan Triumph Speed Triple Model 2016

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 12 Nov 2015 12:12 WIB
triumph
Dua Titik Utama Perubahan Triumph Speed Triple Model 2016
Triumph Speed Triple 2016 siap bertarung dengan kompetitor. Cycle World

Metrotvnews.com: Setiap tahun, merek roda dua di luar sana selalu memperbaharui model-model tunggangan mereka. Mulai dari penggantian striping hingga perubahan secara besar-besaran, seperti ganti model dan mesin.

Triumph Speed Triple sebagai tunggangan naked bike legendaris ikut mengalami penyegaran untuk model 2016. Pabrikan Inggris ini membuat desain lebih cantik dan mesin lebih bertenaga untuk model terbarunya.

Pertama perubahan tampilan, model 2016 terlihat lebih panjang, rendah dan terlihat lebih agresif. Sepasang lampu utama bulat dilengkapi LED pada bagian tepinya, berposisi lebih rendah.

Panel instrumen dan windscreen pun ikut pindah pada posisi rendah. Tangki bahan bakar lebih tinggi dan kaca spion yang kini berada di ujung setang. Penampang radiator lebih kecil untuk efisiensi.

Kedua, dengan mesin tetap berkapasitas 1.050 cc, tapi hampir seluruhnya mengalami perubahan. Triumph menyebutkan ada 104 komponen baru di dalamnya. Seperti profil balancer agar mesin lebih halus.

Kemudian kepala silinder baru dan piston dengan bentuk combustion chamber berbeda membuat tenaga lebih baik pada putaran menengah, 4.000-7.000 rpm. Tentunya tanpa mengorbankan putaran mesin atas.

Seperti sebelumnya, Speed Triple punya tipe R sebagai tipe teratas dengan suspensi Ohlins, depan dan belakang. Tipe R sendiri juga dilengkapi dengan komponen bodi serat karbon yang eksotis.

Tidak heran kalau Triumph Speed Triple baru ini lebih menjanjikan untuk bersaing dengan kompetitornya, semacam KTM 1290 Super Dukes dan BMW S1000Rs.


(UDA)