Ketum Kadin Baru Diharap Dorong Perbaikan Ekonomi

Husen Miftahudin    •    Kamis, 12 Nov 2015 11:16 WIB
kadin
Ketum Kadin Baru Diharap Dorong Perbaikan Ekonomi
Kadin (Foto: Dokumentasi Kadin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional VII pada 22-24 November 2015 untuk memilih pengurus baru menggantikan pengurus yang kini dipegang Suryo Bambang Sulisto. Tiga kandidat Ketua Umum yakni Rachmat Gobel, Maxi Gunawan, dan Rosan Roeslani siap untuk membangkitkan ekonomi di tengah kelesuan.

Anggota DPD RI Dailami Firdaus menilai tiga kandidat ketua umum baru tersebut memiliki kelebihan dan karakteristik sendiri, salah satunya mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel. Menurut dia, Gobel mampu memberi memberi harapan akan bangkitnya Kadin sebagai organisasi para pengusaha.

"Pak Gobel bisa diharapkan membawa Kadin menjadi salah satu lokomotif dunia usaha di Indonesia yang saat ini sedang lesu," ujar Dailami, melalui pesan elektroniknya, di Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Ia mengakui, situasi ekonomi saat ini baik domestik maupun global sangat tidak menguntungkan. Karena itu bagi Ketua Umum Kadin terpilih perlu kerja keras dan melakukan terobosan secara cerdas guna meningkatkan daya saing usaha Indonesia yang masih lemah tersebut. "Apalagi, sebentar lagi kita akan memasuki era perdagangan bebas 2016," tuturnya.

Ia berpendapat, Ketua Umum Kadin yang akan dihasilkan Munas VII nanti harus pula mampu berpikir out of the box untuk membawa ekonomi Indonesia keluar dari krisis. "Kadin sebagai mitra pemerintah harus mampu bersinergi dan pimpinannya harus mau bekerja sama dengan siapa saja yang menguntungkan, dengan prinsip win-win solution buat bangsa ini," papar Dailami.

Selain itu, lanjutnya, hal yang juga harus disadari pucuk pimpinan adalah menempatkan Kadin sebagai sarana perjuangan ekonomi. "Bukan untuk cari kesempatan diri sendiri, tetapi untuk kehidupan bangsa lebih baik," pungkas Dailami.


(ABD)